PEMBERDAYAAN INSAN SEKOLAH DASAR PADA ASPEK KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Penulis

  • Ni Nyoman Pratiwi Permata Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Sutariani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Wardana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Made Wedagama Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

penguatan kesadaran, kesehatan gigi dan mulut, penyuluhan, demonstrasi

Abstrak

Penyuluhan Kesehatan merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan dengan cara menyebarluaskan pesan, menanamkan keyakinan terkait kesehatan seperti penyuluhan kesehatan gigi sehingga dengan adanya penyuluhan kesehatan dapat membuat masyarakat lebih sadar akan pentingnya pola kehidupan yang sehat. Tujuan dilaksanakannya pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran anak dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, pengabdian masyarakat ini berkontribusi pada pengetahuan dasar siswa SD mengenai penyakit dan cara mencegah penyakit gigi dan mulut sejak dini dan dapat membagi ilmu mereka kepada orang disekitar atau orang terdekat mereka. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini melibatkan 32 siswa di SD Negeri 1 Denbantas, kecamatan Tabanan. Adapun metode pengabdian yang digunakan adalah penyuluhan dan demonstrasi kesehatan gigi disertai dengan pemberian pre-test dan post-test pada siswa kelas 4. Selain itu dilakukan beberapa games untuk mengukur kepahaman siswa kelas 4. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa anak – anak SDN 1 Denbantas sudah memahami mengenai penyakit dan pencegahan penyakit gigi dan mulut serta dapat menguasai cara menyikat gigi yang baik dan benar. Dengan demikian, pelaksanaan pengabdian ini telah memberikan nilai tambah pada usaha penguatan kesadaran pemeliharaan kesehatan di Desa Denbantas.

Referensi

LPPM. 2022. Buku Panduan KKN Peduli Bencana Covid-19 Tahun 2022. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Ariyanti, K. S., Sariyani, M. D., & Utami, L. N. 2019. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 1(2).

Fione, V. R. 2018. Perbedaan Media Liquid Crystal Display Dan Leaflet Dalam Penyuluhan Kesehatan Gigi Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi Siswa Sd Gmim 33 Tuminting Kota Manado. JIGIM (Jurnal Ilmiah Gigi dan Mulut), 1(1), 8-13.

Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. 2018. Pendidikan kesehatan: perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(2).

Prasko, P., Santoso, B., & Sutomo, B. 2016. Penyuluhan metode audio visual dan demonstrasi terhadap pengetahuan menyikat gigi pada anak sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2), 53-57

Diterbitkan

2023-11-07