UPAYA PENGOPTIMALISASIAN DAN PENINGKATAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI DESA DAUH PEKEN

Penulis

  • Kadek Pratiwi Dwi Rahayu Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Ariawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Sugianitri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sukerta Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kebersihan Lingkungan, Sampah, Sosialisasi, Desa Dauh Peken

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini merupakan pengabdian yang di lakukan di Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan yang terdiri dari 6 banjar. Kegiatan ini mengangakat judul “Upaya Pengobtimalisasian dan Peningkatan Kebersihan Lingkungan Di Desa Dauh Peken”. Desa Dauh Peken dilihat dari kondisi geografisnya merupakan wilayah yang bisa dikatakan maju dari desa lainnya yang ada di wilayah Tabanan serta dengan jumlah penduduk yang lumayan banyak. Dari hal tersebut timbulah masalah yaitu tentang kebersihan lingkungan yang salah satunya bersumber dari sampah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan mulai dari skala sumber (rumah tangga) dan dapat membantu desa dalam mengoptimalkan pengelolaan sampah yang sudah ada di Desa Dauh Peken dengan melaksanakan sosialisasi tentang kebersihan lingkungan. Dalam melakukan pengabdian masyarakat ini kami dibantu oleh Perangkat Desa Dauh Peken, Kelompok Wanita Tani (KWT) Kota Pala, TPS 3R Sadu Kencana, SDN 1 Dauh Peken, SD Islam serta masyarakat untuk melaksanakan kegiatan ini. Dilihat berdasarkan nilai post-test dari semua responden berada pada kategori baik dan sangat baik yaitu berturut-turut dengan nilai 76,7% bahwa kegiatan pengabdian ini memberikan manfaat positif kepada masyarakat.

Referensi

Arwini, N. P. D. (2022). Sampah Plastik Dan Upaya Pengurangan Timbulan Sampah Plastik. Jurnal Ilmiah Vastuwidya, 5(1), 72-82.

Hayati, I., Anisya, N. N., & Amsari, S. (2021, November). Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Daur Ulang Limbah Masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 1077-1082)

Khairunnisa, K., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, N., Dewi, N. K., Saputra, H. H., & Wati, T. L. (2019). Kampanye Kebersihan Lingkungan Melalui ProgramKerja Bakti Membangun Desa Di Lombok Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Nur, N. A. W. (2019). Analisis Pelaksanaan Program Gerakan Makassar Ta’.

Harjoyo, H., Waluyo, W., Suwandi, S., Oktarini, R., & Benazir, D. M. (2020). Penyuluhan Dan Edukasi Menumbuhkan Kesadaran Warga Griya Bunga Asri Desa Cibadung Kecamatan Gunung Sindur-Bogor Untuk Memanfaatkan Bank Sampah Ksm Muslimathul Khoir Centre. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(2), 117-121.

Wijaya, Y. F., & Muchtar, H. (2019). Kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sungai. Journal of Civic Education, 2(4), 405-411. Indonesia Hasilkan 175 Ribu Ton Sampah per Harinya, Sedikit yang Bisa Didaur Ulang - Health Liputan6.com

Diterbitkan

2023-11-07