MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM PRABALI MINYAK KELAPAMURNI MELALUI SOSIAL MEDIA MAUPUN E-COMMERCE DAN MEMBANTU DALAM PEMBUATAN LOGO UMKM TEH GONDA

Penulis

  • Ni Made Emi Prajna Paramitha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Puspayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Intan Kemala Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Agung Gana Kumara Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, pemasaran, logo, pelaku usaha, produk

Abstrak

Minyak kelapa merupakan produk utama yang dapat dikembangkan dari tanaman kelapa. Saat ini, berkembang penelitian – penelitian baru mengenai minyak kelapa terutama minyak kelapa yang dihasilkan tanpa proses penambahan bahan bahan kimia maupun pemanasan. Minyak merupakan hasil dari proses tersebut dikenal dengan minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil). Logo adalah salah satu hal penting bagi sebuah perusahaan atau usaha Anda. Dengan adanya logo mampu mencerminkan sebuah identitas dari perusahaan itu sendiri agar lebih dikenal banyakorang, oleh karena itu membangun brand adalah hal yang penting dalam memulai bisnis. UMKM Prabali Minyak Kelapa Murni ini berlokasi di Br. Bongan Jawa Kawan, Desa Bongan Tabanan. Sedangkan UMKM Teh Gonda berlokasi di Br. Bongan Jawa Kangin Desa Bongan Tabanan. Adapun permasalahan yang dihadapi UMKM Prabali Minyak Kelapa Murni yaitu kurangnya pemasaran yang dilakukan pada social media sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui produk ini. . Sedangkan permasalahan yang dihadapi pada UMKM Teh Gonda yaitu kurang menariknya logo yang dimiliki UMKM maka dari itu kami membantu membuat logoyang lebih menarik sebelum produk ini dijual. Sebagai upaya nyata untuk memfasilitasi kepentingan tersebut, Universitas Mahasaraswati Denpasar melalui kegiatan pengabdian masyrakat ini akan memberikan tentang tata cara penggunaan social meida sebagai wadah promosi serta membantu mendesain logo baru untuk tempat usaha. Adapun sasaran yang ingin dicapai melalui kegiatan pengabdianmasyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan pelaku usaha untuk lebih memanfaatkan teknologi seperti media sosial yang diharapkan mampu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelaku usaha sebagai media pemasaran produknya.

Referensi

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). PenerapanDigital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai MediaPromosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Rustan, S. (2013). Mendesain logo. Gramedia Pustaka Utama.

Syaefulloh, I. (2017). MAKNA LOGO BARU EIGER SEBAGAI CORPORATE IDENTITY (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Makna Logo EigerSebagai Corparate Identity) (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).

Syah, A. N. A. (2005). Virgin coconut oil: minyak penakluk aneka penyakit. AgroMedia.

Diterbitkan

2023-11-07