PENERAPAN PEMBELAJARAN TAMBAHAN UNTUK SISWASD NEGERI 2 BATUAJI DI LUAR JAM SEKOLAH
Kata Kunci:
bahasa Ingrris, IPAS, Siswa Sekolah DasarAbstrak
Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang dapat menghubungkan antar seseorang dari berbagai Negara. Menanamkan kemampuan berbahasa Inggris pada siswa merupakan salah satu langkah awal untuk menjadikan siswa dapat mengikuti perkembangan yang ada di dunia. Bahasa Inggris pun telah diajarkan di masing- masing sekolah dengan berbagai metode pembelajaran yang ada saat ini. Begitupun dengan pembelajaran IPA membekali siswa untuk mengembangkan rasa ingin tahu, pengetahuan, meningkatkan keterampilan proses serta kesadaran untuk menghargai alam ciptaan Tuhan dan melestarikan lingkungan alam sekitar serta sebagai dasar untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Terkait dengan pemberlakuan sistem belajar daring membuat siswa Sekolah Dasar sekaligus orang tua siswa harus beradaptasi dengan sistem baru yang ada. Berdasarkan hasil observasi, terdapat masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa maupun orang tua siswa terkait sistem pembelajaran daring seperti kurangnya bimbingan dan pengawasan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris, kurangnya sarana untuk memantau hasil belajar Bahasa Inggris dan kurangnya edukasi penggunaan aplikasi belajar Bahasa Inggris yang mempermudah proses belajar daring. Adapun program kerja yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu, pemberian bimbingan belajar Bahasa Inggris dan juga pemberian bimbingan belajar IPAS.
Referensi
Aqib, Z. (2017). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Budimansyah, Dasim, dkk. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo.
Fitriana, I. (2012). Menguasai Bahasa Inggris: Bekal Potensial dalam PengembanganWirausaha. Proding Seminas 1 (2).
Iskandarwassid dan Sunender, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:Rosdakarya.
Khoeruddin, dkk. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Konsep danImplementasinya di Madrasah. Semarang: Pilar Media.
Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah. JurnalWarta Edisi:50,2.
Muslim dan Bellen. (2001). Orientasi Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Jakarta: Unesco-Unicef-Depdiknas.
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. (1989). Strategi Belajar Mengajar dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Debdikbud Direktrorat Jenderal Pendidikan Tinggi Objek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.