PENDAMPINGAN PEMELIHARAAN GIGI PADA SISWA DI SD NEGERI 1 DESA WANASARI

Penulis

  • I Gusti Ngurah Made Wiratama Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Anggi Savitri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pradnya Pramitaputri Pramono Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Ardi Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kesehatan gigi dan mulut, penyuluhan, demonstrasi, cuci tangan

Abstrak

Penyuluhan kesehatan merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan dengan cara menyebarluaskan pesan, menanamkan keyakinan terkait kesehatan seperti penyuluhan kesehatan gigi sehingga dengan adanya penyuluhan kesehatan dapat membuat masyarakat lebih sadar akan pentingnya pola kehidupan yang sehat. Tujuan dilaksanakannya pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran anak dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut serta memberikan edukasi cara mencuci tangan yang baik dan benar. Selain itu, kami berharap siswa Sekolah Dasar (SD) mengenal lebih dini cara mencegah penyakit gigi dan mulut sejak dini dan dapat membagi ilmu mereka kepada orang disekitar atau orang terdekat mereka. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini melibatkan 125 siswa di SD Negeri 1 Wanasari, kecamatan Tabanan. Adapun metode pengabdian yang digunakan adalah penyuluhan dan demonstrasi cara menyikat gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar disertai dengan pemberian tanya jawab pada siswa kelas 1 hingga kelas 6. Selain itu dilakukan beberapa games untuk mengukur kepahaman siswa kelas 1 hingga kelas 6. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa anak-anak SD Negri 1 Wanasari sudah memahami pencegahan penyakit gigi dan mulut serta dapat menguasai cara menyikat gigi serta mencuci tangan yang baik dan benar. Dengan demikian, pelaksanaan pengabdian ini telah memberikan nilai tambah pada usaha penguatan kesadaran pemeliharaan kesehatan di Desa Wanasari.

Referensi

Angela, A., 2005. ‘Pencegahan Primer Pada Anak Yang Beresiko Karies Tinggi’, Dend.J., Vol. 38(3).

Ariyanti, K. S., Sariyani, M. D., & Utami, L. N. 2019. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 1(2).

Fione, V. R. 2018. Perbedaan Media Liquid Crystal Display Dan Leaflet Dalam Penyuluhan Kesehatan Gigi Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi Siswa Sd Gmim 33 Tuminting Kota Manado. JIGIM (Jurnal Ilmiah Gigi dan Mulut), 1(1), 8-13.

Fejerskov, O., Kidd, E., 2008, Dental Caries : The Disease and Its Clinical Management, USA, Blackwell.

Hayyati, A., 2013, ‘Mikrobiologi Rongga Mulut Penyebab Munculnya Lubang Gigi (Karies)’, Skripsi, Poltekkes Kemenkes Aceh RI.

Heymann, H. O., Swift J., Jr. E., V. Ritter A., 2013, Sturdevants’s : Art and Science of Operative Dentistry. 6th . Canada : Elsevier Inc.

Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. 2018. Pendidikan kesehatan: perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(2).

Prasko, P., Santoso, B., & Sutomo, B. 2016. Penyuluhan metode audio visual dan demonstrasi terhadap pengetahuan menyikat gigi pada anak sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2), 53-57

Diterbitkan

2023-11-07