UPAYA MEMPERKENALKAN CEMILAN KHAS DESA TISTA YAITU KACANG SEMBUNYI IBU ANGGA BANJAR CARIK, DESA TISTA, KECAMATAN KERAMBITAN, KABUPATEN TABANAN

Penulis

  • I Made Sudirga Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • A.A Gede Danan Dwi Antara Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Angga Pratama Sukma Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Agung Gana Kumara Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pemberdayaan UMKM, UMKM, Pemasaran UMKM

Abstrak

Banyaknya UMKM yang berunculan mengakibatkan persaingan yang semakin ketat ditambah dampak dari pandemic covid-19 menyebabkan banyaknya UMKM yang bersaing terutama dibidang kuliner. Selain itu perkembangan teknologi yang pesat juga menyebabkan lemahnya penjualan UMKM yang berkembang di kalangan desa, karena kurangnya pengetahuan dalam memanfaatkan teknologi. UMKM yang menjadi fokus dalam kegiatan ini merupakan UMKM yang dimiliki Ibu Angga yaitu Kacang Sembunyi yang berlokasi Banjar Carik, Desa Tista , Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Salah satu fenomena yang ditemukan adalah hasil/produk kegiatan usaha UMKM ini hanya dipasarkan begitu saja, sehingga produk yang dihasilkan ini tidak memiliki daya tarik untuk dibeli konsumen. Hal ini mengakibatkan terjadinya penumpukan produksi. Berdasarkan kondisi tersebut maka akan dilakukan Upaya Memperkenalkan Cemilan Khas Desa Tista yaitu Kacang Sembuyi Ibu Angga melalui social media. Selanjutnya, akan dilakukan pengembangan strategi pemasaran produk atau usaha, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat UMKM.

Referensi

Amri,Andi.(2020).Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia: Jurnal Brand 2(1): 123-130

Andayani, I.,Roesminingsih, M.,Yulianingsih, W.(2021).Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku

LPPM Unmas Denpasar, 2022. Buku Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Mario Dhava Ferdyansyah, (2022). Pengembangan UMKM Jamu Dusun Sumberdadi, Jombang Melalui Re-Branding Identitas Logo Njampi. Jurnal Karya Unggul.

Rahmatul Jannatin N, (2020). Penetapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact.

UMKM di Masa Pandemi Covid-19: Jurnal Pendidikan Nonformal 16(1)

https://money.kompas.com/read/2022/01/19/051518426/pengertian-umkm-kriteria-ciri-dan-contohnya?page=all

https://universitasmulia.ac.id/pengabdian-pada-masyarakat/

Diterbitkan

2023-11-07