PENGEMBANGAN PROMOSI UMKM KERIPIK GONDO DESATIMPAG

Penulis

  • Erna Cahyaniningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Wina Ariestuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Arman Anita Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

elektronik, logo, promosi, sosial media, UMKM

Abstrak

Usaha Mikro Kecil Menengah menjadi peranan penting salah satu roda penggerak ekonomi nasional Indonesia. Pasca pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak di berbagai sektor termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Kegiatan pengabdian dilakukan bertujuan untuk membantu dalam meningkatkan penjualan yang diterapkan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) keripik gonda di Br. Bluluk, Desa Timpag, Kecamatan Kerambitan, Tabanan. UMKM yang menjual olahan tanaman gonda dijadikan keripik dengan berbagai rasa seperti, rasa original, rasa jagung manis, rasa keju, balado, dan BBQ. Berdasarkan dari hasil observasi dan wawancara, permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran yaitu diperlukan strategi promosi dan pengelolaan produksi. Dimana usaha keripik gonda ini belum maksimal dalam melakukan promosi di sosial media. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara kepada masyarakat sasaran. Materi kegiatan dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya promosi dan pengelolaan keuangan menggunakan uang elektronik seperti QRIS. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan memberikan dampak positif pelaku usaha. Adanya peningkatan pengetahuan tentang media digital yang membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi yaitu inovasi pemasaran produk secara daring dan inovasi pembayaran elektronik QRIS.

Referensi

Darwanto, D., Tri, U., & Danuar, D. (2013). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Economics, 2(4), 19599.

Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73-85.

LPPM Unmas Denpasar, 2022. Buku Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Raharja, S. U. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan usaha umkm di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-123.

Utami, B. S. A. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 TerhadapSektor UMKM di Indonesia. Economie, 3(1), 1-7.

Wulandari, L. P. E., Suryandari, N. N. A., & Sukerta, I. M. (2021). Pemberdayaan Umkm Di Desa Dalung Di Tengah Pandemi Covid-19. Proceeding Senadimas Undiksha, 843.

Diterbitkan

2023-11-07