PEMBERDAYAAN UMKM JENIS USAHA KULINER “NASI BEJEK” WARUNG SARI MADU BIANG SANTI DI DESA KELATING

Penulis

  • Gde Bayu Surya Parwita Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ayu Widya Astiti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ayu Yuni Mahadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ayu Paramita Dharmayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pemberdayaan UMKM, Faktor Ekonomi, Pengelolaan Laporan Keuangan

Abstrak

Kegiatan pemberdayaan UMKM Nasi Bejek Biang Santi dilakukan di Banjar Dangin Pangkung, desa Kelating,Tabanan,Bali. Mitra merupakan pemilik usaha dari Nasi Bejek Biang Santi. Sejak terjadinya pandemi, faktor ekonomi mengalami dampak yang paling parah. Biang Santi adalah seorang pedagang di Desa Kelating yang mengalami penurunan penjualan pasca munculnya pandemi. Maka dari itu, adapun permasalahan mitra dalam menghadapi penurunan pendapatan yaitu kurangnya pengetahuan pengelolaan keuangan. Maka dari itu, adapun permasalahan mitra yaitu, belum mengetahui tentang bagaimana cara mengelola laporan keuangan secara digital untuk mengatur keuangan. Tujuan dari pemberdayaan UMKM ini adalah untuk kebutuhan yang terpenuhi di warung sari madu memiliki pencatatan akuntansi yang mudah, praktis dan efisien. Biang santi juga dapat melakukan pelaporan penjualan yang sederhana sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Hasil dari pemberdayaan UMKM ini adalah mampu mengelola laporan keuangan yang ada di warung Nasi Bejek Biang Santi.

Referensi

Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 terhadap perlambatan ekonomi sektor umkm. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7(6), 19-24.

Bakhria, S., & Futiahb, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(2).

Fantini, E., Sofyan, M., & Suryana, A. (2021). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS), 1(2), 126- 131.

Hanief, S., & Jepriana, I. W. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi kuliner sate lilit dan ikan Kusamba Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 44-48.

KEBUDAYAAN, K. P. D. LAPORAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA DAJAN PEKEN KECAMATAN TABANAN KABUPATEN TABANAN.

Mochammad Hatta, M. O. (2019). Pelatihan Internet Untuk Usaha Kecil Menengah di Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat , 01 (01), 9 - 17.

Nardi Sunardi, R. L. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Ejournal, 2(01), 20-27.

Prasetyo, R. E. B., & Purnomo, A. (2017). IbM PENGEMBANGAN UMKM LAMPU HIAS ELEMEN INTERIOR DI SURAKARTA LAPORAN AKHIR IPTEKS BAGI MASYARAKAT (IbM).

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Tim Lembaga Pengelola Pengabdian Masyarakat 2022. Buku Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.

Universitas Mahasaraswati Denpasar. 2021. Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Peduli Bencana Covid-19 Tahun 2021.

Yuwanti, S., & Maryanto, M. PADA UKM KRUPUK BAWANG DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI INTRODUSIR ALAT PENGERING TIPE KABINET DAN PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN

Diterbitkan

2023-11-07