PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG KESEHATAN LANSIA DENGAN MELAKUKAN PENGECEKAN KESEHATAN LANSIA DAN MENGAJAK SENAM LANSIA

Penulis

  • Ni Putu Eka Pratiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Dwiky Priyatna Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Anggi Dwi Karisma Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Fajar Kartika Lestari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, Kesehatan Lansia, Senam Lansia

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang menyebar sejak bulan Maret tahun 2020 menyebabkan munculnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kondisi tersebut menimbulkan berbagai perubahan terkait upaya penanggulangan permasalahan kesehatan. Penduduk lansia mengalami penurunan kesehatan karena fungsi tubuh mengalami penurunan yang disebabkan oleh bertambahnya usia, salah satunya adalah mengalami kenaikan tekanan darah. Selain itu, usia bertambah akan mengakibatkan kurangnya daya tahan tubuh sehingga meningkatkan faktor resiko berbagai masalah kesehatan. Salah satu cara untuk memperbaiki kesehatan lansia adalah dengan melakukan senam lansia. Senam lansia membuat tubuh agar tetap bugar dan tetap segar sehingga dapat menghambat proses degenerative atau penuaan. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengedukasi masyarakat di Desa Subamia tentang pentingnya menjaga kesehatan serta kebugaran jasmani. Metode yang dilakukan dengan cara pemberian informasi dilakukan secara langsung kepada individu.

Referensi

Anwar, M. Choiroel, and Marichatul Jannah. 2019. “Upaya Peningkatan Aktivitas Fisik dan Cek Kesehatan Sebagai Aplikasi Germas.” Link 15(2) : 58-61

Astari, Putu et al. 2015. “Pengaruh Senam Lansia Terhadap Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi Pada Kelompok Senam Lansia Di Banjar Kaja Sesetan Denpasar Selatan.” Program Studi Ilmu Keperawatan.

Denpasar, LPPM Unmas (2020) Buku Panduan Pengabdian Pada Masyarakat Peduli Bencana COVID-19, Denpasar. LPPM Unmas Denpasar.

Diterbitkan

2023-11-07