EDUKASI DAN SIKAT GIGI BERSAMA MURID KELAS III DI SDN 2 DAJAN PEKEN TABANAN

Penulis

  • Putu Sulistiawati Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Ketut Sri Punia Asih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kade Meidy Xanaya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Merta Suparka Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

kesehatan gigi dan mulut, penyuluhan, demonstrasi

Abstrak

Kesehatan gigi dan mulut adalah suatu hal yang sangat penting untuk dijaga bagi setiap individu. Beredar stigma masyarakat yang menganggap bahwa gigi susu anak-anak tidak perlu terlalu diperhatikan karena akan diganti oleh gigi permanen. Pada kenyataannya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan kesehatan gigi individu seterusnya. Anak-anak yang memiliki kesehatan gigi dan mulut yang baik akan tidak terganggu dengan aktifitas tumbuh kembangnya. Disamping itu pada usia inilah dimana anak-anakmasih dalam fase yang sangat aktif dan membutuhkan asupan nutrisiyang tercukupi. Dengan kesehatan gigi dan mulut yang baik maka tumbuh kembang anak tidak akan terganggu seperti, dapat mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada anak-anak kelas III di SD N 2 Dajan Peken, ditemukan masih banyak anak-anak yang kurang merawat kebersihan gigi dan mulut yang ditandai tingginya nilai dmf di desa dajan peken. Hal ini membuat kita sebagai mahasiswa fakultas kedokteran gigi terdorong untuk menyalurkan ilmu terhadap anak-anak tentang caramerawat kebersihan gigi dan mulut sejak dini. Dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini melibatkan 62 orang siswa di SDN 2 Dajan Peken kecamtan tabanan, kabupaten tabanan. Adapun metode yang digunakan adalah penyuluhan yang disertai dengan mini games, dan demonstrasi. Hasil yang dicapai setelah dilaksanakan kegiatan penyuluhan yaitu menambah pengetahuan siswa kelas 3 di SDN 2 Dajan peken mengenai bagaimana proses terjadinya gigi berlubang, cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dan cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Referensi

Apriliani, D. R. (2022). Pengaruh Penyuluhan dengan Menggunakan Media Question Card terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Tunagrahita Usia Sekolah Dasar di SLB Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya (Doctoral dissertation, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya).

Azizah, A. (2022). Hubungan tingkat pengetahuan dan motivasi pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan status karies gigi anak tunarungu di SLB yayasan bahagia kota tasikmalaya (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya).

Refli, S. L. R. (2022). Pengaruh Edukasi Dengan Media Video Call Whatsapp Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Usia 10-12 Tahun Di Kabupaten Karimun (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Resta, S. H., Oktaviyana, C., & Iqbal, M. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Usia Sekolah di MIN 26 Aceh Besar Tahun 2022. JOURNAL OF HEALTHCARE TECHNOLOGY AND MEDICINE, 8(2), 904-916.

Salsabila, A. N. (2022). Efektivitas Penyuluhan Dengan Kartu Bergambar Dan Buku Cerita Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Prasekolah Di Tkit Bina Insani, Semarang.

Diterbitkan

2023-11-07