PEMANFAATAN APLIKASI “KASIR PINTAR” DAN “BUKU WARUNG” UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS UMKM KINO KINI JANI DRINK

Penulis

  • Dewa Gede Bambang Erawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Ayu Sri Saraswati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Covid-19, Kasir Pintar, Buku Warung

Abstrak

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan, permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Kino Kini Jani Drink yaitu kurang optimalnya pelayanan kepada konsumen, kurangnya pemahamaan aplikasi online yang berguna untuk usaha bisnis, serta kurangnya pemahaman pemilik UMKM akan bahaya Covid-19 yang mengakibatkan pendapatan dan pesanan usaha berkurang. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pengoptimalan pemanfaatan aplikasi online untuk meningkatkan kwalitas dan profesionalitas UMKM Kino Kini Jani Drink, meningkatkan kwalitas pembukuan, serta sosialisasi bahaya Covid-19 yang berpengaruh terhadap pendapatan usaha. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu pelatihan, pendampingan, penyaluran, serta sosialisasi. Solusi yang dapat diberikan yaitu pendampingan dan pelatihan pengoperasian aplikasi online “Kasir Pintar” dan “Buku Warung”, serta sosialisasi bahaya Covid-19, serta dampaknya terhadap usaha. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah sebagai berikut. Pertama, pemilik UMKM memiliki pengetahuan baru terkait dengan pemanfaatan aplikasi online (“Kasir Pintar” dan “Buku Warung”) yang berguna untuk membantu usaha, dan mampu meningkatkan profesionalitas UMKM terkait dengan pelayanan terhadap konsumen. Kedua, sosialisasi yang diberikan terkait dengan bahaya Covid-19 serta senantiasa menjaga protokol kesehatan menyebabkan pelaku usaha dan konsumen terhindar dari Covid-19, dan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada UMKM Kino Kini Jani Drink.

Referensi

Denpasar, Pemerintah Kota. “Sejarah”. https://denpasarkota.go.id/page/read/57, diakses pada tanggal 24 Februari 2022 pukul 17.32.

Gede. Komang. “Denpasar:Ibukota Provinsi Bali – Kota Denpasar”. http://www.id.baliglory.com/2015/07/kota-denpasar-ibukota-bali.html, diakses pada tanggal 24 Februari 2022 pukul 17.49.

Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat UNMAS Denpasar. 2022. Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Peduli Bencana Covid-19 Universitas Mahasaraswati Denpasar. LPPM:Denpasar

Milda. (2020). 5 Kelebihan Aplikasi Buku Warug Untuk UMKM. diunduh dari : https://www.mildaini.com/2020/07/5-kelebihan-aplikasi-buku-warung-untuk-umkm.html

Dewi, P. K., Safitry, S. E., & Mustoffa, A. F. (2021). Penggunaan Aplikasi Kasir Pintar Dalam Pencatatan Keuangan (Studi Kasus Umkm Poklahsar Wisna Fresh). Jurnal Abdimas Sangkabira, 1(2), 98-109.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 17. Jakarta

Septiana, A. T. (2021). Analisis Komparatif Aplikasi Pembukuan Keuangan Umkm Berbasis Android (Studi Kasus Pada Aplikasi Buku Kas Dan Buku Warung) (Doctoral dissertation, Politeknik Harapan Bersama Tegal).

Wirajaya, Y. A. (2018). Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Kasir Pintar Berdasarkan Standard Iso/Iec 9126 Dan Nielsen Model Dengan Metode Usability Testing (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Widnyani, Surya Astitiani, dan Berty Christina Lidyanita Putri. (2021). Penerapan Transformasi Digital pada UKM Selama Pandemi Covid-19 di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(1), 80-81.

Diterbitkan

2023-06-17