PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL DAN MEDIA SOSIAL DALAM STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM LAKLAK PENGANGON BAKAS
Kata Kunci:
Covid-19, UMKM, Media SosialAbstrak
Pandemi COVID-19 telah melanda Indonesia sejak bulan Maret tahun lalu. Dampak yang ditimbulkan pandemi COVID-19 ini cukup serius melanda seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali pelaku UMKM. Seluruh kegiatan UMKM mengalami keterbatasan dikarenakan adanya peraturan pemerintah terkait pembatasan jam operasional. Masyarakat pun diminta untuk berdiam diri di rumah apabila tidak memiliki kegiatan yang mendesak serta senantiasa menerapkan social distancing atau jaga jarak. Saat ini, UMKM tidak hanya dihadapkan dengan persaingan antar UMKM saja, melainkan bagaimana agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19. Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi covid-19 memiliki berbagai masalah.Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi bagi UMKM Laklak Pengangon Bakas, mengenai seberapa penting nya branding sebagai bentuk strategi pemasaran dengan membuatkan desain logo, stiker, dan juga menu serta membuatkan instagram Sebagai penunjang dari strategi pemasaran.
Referensi
Asy’ari, Rahayu. 2020. Makalah Bahasa Indonesia Pengertian Covid-19 Dan Bentuk Partisipasi Dalam Memerangi Nya. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/341096752_Makalah_Bahasa_Indo nesia_Pengertian_Covid-19_Dan_Bentuk_Partisipasi_Dalam_Memerangi_Nya (diakses pada 26 Februari 2021)
Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona virus disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119-129.
LPPM Unmas Denpasar. (2021). Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Peduli Bencana Covid-19. Denpasar: LPPM Unmas Denpasar
Mahera, Nikenzha. 2020. Krisis Ekonomi Di Indonesia Disebabkan Oleh Pandemi Covid-19. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/341026575_Krisis_Ekonomi_Di_In donesia_Disebabkan_Oleh_Pandemi_Covid-19 (Diakses Pada 26 Februari 2021)