STRATEGI MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM CAHAYA KOPI MELALUI MEDIA SOSIAL DI BR.PUSEH DESA PEJENG
Kata Kunci:
pemasaran, promosi, UMKMAbstrak
Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan yang mereka punya. Tidak hanya perusahaan besar yang bisa melakukan pemasaran ini namun, usaha seperti usaha perorangan ataupun UMKM juga dapat melakukan promosi. Dalam melakukan promosi, pihak akan menargetkan orang-orang yang sesuai dengan produk yang dipasarkan. Promosi tidak hanya dilakukan pada media masa, saat ini media elektronik pun menjadi salah satu tempat melakukan promosi yang sangat menjanjikan dan usaha atau poduk dapat dikenal lebih luas. Namun tidak semua orang dapat mengaplikasikan atau mengetahui bagaimana cara mempromosikan produknya ke media online tersebut seperti UMKM Cahay Kopi yang kemungkinan masih asing dengan media online saat ini. UMKM Cahaya Kopi yang beralokasi di Desa Pejeng, yang masih belum memahami bagaimana mempromosikan produk melalui media sosial. UMKM merupakan sebagai bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. UMKM Cahaya Kopi ini merupakan industri rumahan yang menjual produknya sesuai permintaan dan bergantung pada toko-toko disekitar tempat produksinya. Dari hasil observasi mitra kurang memahami pentingnya kemasan untuk menari konsumen dan mitra juga kurang memahami media sosial untuk mempromosikan produknya. Maka dari itu kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Mahasaraswati Denpasar ini memiliki tujuan untuk membantu mengembangkan strategi pemasaran dan membantu untuk mendampingi pemilik UMKM untuk melakuan pemasaran melalui media sosial. Salah satunya yaitu Usaha Cahaya Kopi ini yang akan dijadikan mitra untuk melakukan pengabdian kepada masrakat.
Referensi
Denpasar, LPPM Unmas. (2020). Buku Panduan Pengabdian pada Masyarakat Peduli Bencana COVID-19. Denpasar : LPPM Unmas Denpasar
Ellyvon, P. (2020). Diumumkan Awal Maret, Ahli : Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. Kompas
Hanoatubun, S. (2020). DampakCovid – 19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146- 153. https://diskes.baliprov.go.id/category/artikel/ diakses pada tanggal 23 Maret 2022
Hadiwardoyo, W., 2020, Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19, Journal of Business & Entrepreneurship, 2(2): 83-92.