INOVASI MENINGKATKAN EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA UMKM BAKSO MAS DOL DI DESA PEGUYANGAN KANGIN, DENPASAR UTARA
Kata Kunci:
Covid-19, penyuluhan, UMKM, Bakso Mas IdolAbstrak
Sektor UMKM merupakan salah satu sektor yang sangat berdampak oleh penyebaran pandemi Covid-19 serta usaha mikro, kecil dan menengah memiliki peran yang sangat strategis bagi perekonomian Indonesia, maka dari pada itu ini merupakan hal yang sangat penting untuk kita teliti, sejauhmanakah sektor UMKM ini berdampak terutama terhadap pendapatannya, sebelum pandemi ini merebak ke seluruh Negara Negara Eropa dan Asia. Covid-19 merupakan jenis virus yang penyebarannya yang sangat cepat sekali, bisa tertular dari manusia ke manusia dari sistem pernapasan atau droplet. Beberapa Negara banyak memberlakukan lockdown, dengan tujuan memutus rantai penularan Covid-19. Menyebabkan jalur perekonomian terhambat dan menyebabkan perekonomian dunia porak-poranda, tidak terlepas pula perekonomian Negara Indonesia. Salah satu sektor ekonomi yang sangat berdampak oleh pandemi Covid-19 adalah sektor UMKM. Disini peneliti ingin mengambil sebuah kegiatan untuk membangun peningkatan pemasaran untuk memajukan pendapatan di masa pandemi covid 19 di desa peguyangan kangin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar UMKM yang berada di wilayah Desa Peguyangan Kangin mengalami dampak penurunan pendapatan di masa Pandemi Covid-19 ini.
Referensi
Rosmadi, M. L. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021.
LPPM. 2021. Buku Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat Peduli Bencana Covid 19, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Bahtiar, R Putri Nadya Safira, 2018 pemanfaatan media sosial sebagai media promosi baru dalam usaha kuliner, https://www.kompasiana.com/putrynadiasafira3957/5b4df89f6ddcae2eb669c112/media-sosial-sebagai-media-promosi-baru-dalam-usaha-kuliner,diakses pada 20 maret 2022