MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN BINGO BAGI SISWA SD
Kata Kunci:
permainan Bingo, kosa kata bahasa Inggris, motivasi belajarAbstrak
Munculnya virus Covid-19 membawa dampak buruk terhadap berbagai hal, salah satunya adalah dunia Pendidikan. Sejak pandemi terjadi, seluruh sekolah melaksanakan pembelajaran daring dimana siswa tetap mendapatkan pendidikan walaupun dalam keadaan pandemi. Pemerintah memberlakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Namun, hal tersebut membuat siswa merasa bosan ketika belajar dirumah karena tidak ada mitra yang diajak untuk berdiskusi saat pembelajaran berlangsung, mereka hanya diberikan tugas melalui platform yang digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yang dilaksanakan di Desa Lebih, Kecamatan Gianyar adalah untuk membantu meningkatkan motivasi belajar siswa terutama dalam bidang bahasa Inggris. Berdasarkan observasi yang dilakukan dengan siswa kelas 4 SD mengenai ketertarikan siswa untuk belajar Inggris, ternyata ketertarikan untuk belajar bahasa Inggris sangat rendah dan kurangnya rasa ingin tahu siswa untuk memperlajari bahasa asing yaitu bahasa Inggris. Tujuan dari belajar bahasa Inggris adalah memiliki keterampilan yang lebih guna bekal dimasa depan. Kemudian disusunlah beberapa program kerja guna mencapai target untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan merancang dan menyusun bahan ajar; melakukan bimbingan belajar; dan mengevaluasi hasil belajar dengan metode permainan Bingo. Metode permainan Bingo sangat baik dan dapat diterapkan guna membuat siswa aktif selama pembelajaran bahasa Inggris, salah satunya adalah untuk meningkatkan pemahaman kosa kata bahasa Inggris. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa memiliki semangat untuk tetap belajar untuk mempelajari bahasa Inggris tersebut.
Referensi
Andriyani, A. A. A. D., Febriyanti, I. A. P. I., Rachman, F. R., & Srijayanti, N. P. W. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris (Greetings dan Partings) di Panti Asuhan Wisma Anak–Anak Harapan, Dalung, Badung. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 1-7.
Andriyani, A. A. A. D., Rahayu, E. T., Hartati, H., & Santika, I. D. A. D. M. (2021). Pelatihan Berkomunikasi Lisan Melalui Tata Bahasa Jepang bagi Pemandu Wisata Khusus di Kabupaten Bangli. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 330-339.
Dewi, N. F., Victoria, D. C., & Anita, I. (2019). Penerapan Metode Permainan Bingo untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dalam Pembelajaran Kosa Kata Benda Bahasa Inggris Kelas 4 Sekolah Dasar. EDUCARE, 28-33.
Lembaga Penelitian dan Pemerdayaan Masyarakat UNMAS Denpasar. 2022. Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Peduli Covid-19 Universitas Mahasaraswati Denpasar. LPPM : Denpasar
Rahayu, E. T., Hariyadi, B. R., Hartati, H., Stovia, A., & Andriyani, A. A. A. D. (2021). Tata Kelola Pramuwisata Khusus Sebagai Bentuk Pelibatan Masyarakat Lokal. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(3), 243-256.
Setiawan, C. (2019). Improving Students' Vocabulary Mastery Through Listening Song. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(3), 392.
Sudrajat, H. N., & Herlina, H. (2015). Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo. Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), 114-121.
Tri Widyahening, Christiana Evy, & Rahayu, M. S. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 108.