OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN UMKM DENGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA USAHA TAHU BALI DI DESA TEGAL TUGU, GIANYAR
Kata Kunci:
Covid-19, UMKM, media sosial, penyuluhanAbstrak
Pandemi Covid-19 merupakan suatu bencana besar bagi berbagai sektor di Indonesia. Pandemi ini memiliki pengaruh yang sangat signifikan di berbagai tatanan kehidupan masyarakat saat ini. Salah satu sektor yang sangat merasakan dampak dari pandemi ini adalah UMKM. Permasalahan yang terjadi di UMKM Tahu Bali Bu Jro Ade adalah kurangnya pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi online, tidak adanya label atau logo usaha sebagai tanda pengenal atau ciri khas dari produk, kurang melakukan inovasi produk baru untuk meningkatkan penjualan, dan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan saat melakukan kegiatan produksi. Program kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan yaitu, memberikan pengarahan dan pendampingan tentang cara mempromosikan produk dengan menggunakan media sosial dan membantu membuatkan akun di media sosial, membantu mendesain label atau logo usaha agar produk lebih mudah dikenali oleh konsumen, membantu mitra menemukan ide untuk melakukan inovasi produk baru, memberikan penyuluhan tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan saat bekerja. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu, mengoptimalkan pemberdayaan umkm dengan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu, tahap observasi, tahap edukasi, tahap pelatihan dan tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan ini dapat menjadikan UMKM mampu memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran online, mempunyai label atau logo usaha sebagai ciri khas produknya, mampu melakukan inovasi produk baru, dan UMKM dapat menerapkan protokol kesehatan dalam lingkungan kerjanya.
Referensi
Agmasari, Silvita. 2020. “Resep Susu Kedelai yang Tidak Langu, Bisa untuk jualan”, https://www.kompas.com/food/read/2020/11/06/081700175/resep-susu-kacang-kedelai-yang-tidak-langu-bisa-untuk-jualan, diakses pada 11 Maret 2022 pukul 12.30
Bahri, Dasep Samsul. 2020. “Pencegahan Penyebaran Covid-19”, https://kemensos.go.id/pencegahan-penyebaran-covid-19, diakses pada 9 Maret 2022 pukul 10.00
Blackman, Nona. 2020. “Bagaimana cara membuat Desain Logo Sendiri (Buat Panduan Anda Sendiri)”, https://design.tutsplus.com/id/articles/how-to-make your-own-logo--cms-32276https://design.tutsplus.com/id/articles/how-to make-your-own-logo--cms-32276, diakses pada 14 Maret pukul 09.00
Hidayat, Rian. 2021. Strategi Pengembangan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang.
Kusdiana, D., & Gunardi, A. (2014). Pengembangan Produk Unggulan UMKM Kabupaten Sukabumi. Trikonomika, 13(2), 153-171.
LPPM. 2022. Buku Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat Peduli Bencana Covid19. Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Marlinah, L. (2020). Peluang dan tantangan UMKM dalam upaya memperkuat perekonomian nasional tahun 2020 ditengah pandemi covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118-124.
Moriansyah, L. (2015). Pemasaran melalui media sosial: Antecedents dan consequences social media marketing: Antecedents and consequenc-es. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(3), 187-196.
Pramandari, P. Y., Astiti, P. Y., & Prastyadewi, M. I. (2016). Peranan Prior Online Purchase Experience Danonline Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Online Shop Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Mahasaraswati, 6(1), 101458.
Prasojo, Masto. 2018. “Cara Mudah Membuat Tempe Kedelai 100% Berhasil”, https://unsurtani.com/2018/02/cara-membuat-tempe-kedelai, diakses pada 10 Maret 2022 pukul 15.00
Rusdiana, M., & Moch. Irfan, S. M. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80-86.
Utami, Betty S.A. 2021. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia. Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Vol.03, No.1
Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1-5