PENGOPTIMALISASIAN PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DESA MANUKAYA, KABUPATEN GIANYAR
Kata Kunci:
penyuluhan, Bahasa Inggris, Bimbingan BelajarAbstrak
Program pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar dengan tujuan agar mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar dapat mendapatkan pengalaman mengenai situasi dan kondisi di lingkungan masyarakat. Selain itu, program ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar dari penerapan ilmu-ilmu serta wawasan yang didapat oleh mahasiswa selama melaksanakan pendidikan di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Desa Manukaya merupakan salah satu lokasi yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini. Desa Manukaya merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Pada situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran mereka. Sama halnya siswa-siswa yang berada di Desa Manukaya. Banyak siswa yang menjadi kurang termotivasi dalam melaksanakan proses pembelajaran yang disebabkan karena pendidikan dilaksanakan secara daring/online. Selain itu, banyak siswa yang kurang memahami materi khususnya materi Bahasa Inggris yang diberikan pada saat proses pembelajaran secara daring/online berlangsung karena kurangnya pendampingan selama mereka melaksanakan proses pembelajaran. Maka dari itu, tim pelaksana memiliki tujuan untuk membantu para siswa-siswa di Desa Manukaya dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi. Untuk mencapai tujuan tersebut, tim pelaksana akan melaksanakan beberapa program kerja diantaranya melakukan bimbingan belajar, pendampingan serta penyuluhan mengenai pentingnya belajar meskipun dilaksanakan oleh daring/online agar siswa lebih termotivasi dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Referensi
Amna, Emda. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.
Retno, A. R., dan Mujiburrahman, M. (2020). Efektivitas Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Dalam Menyelesaikan Tugas-Tugas Belajar Pada Siswa. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2).
Yuhenita, N.N., Majid, Y.M., Murat, A.R., Muliyani, R., Alfahmi, R.A., Abdillah, M.Z., (2021). Pendampingan Dalam Menghadapi Pembelajaran Di Masa Pandemi Bagi Warga Dusun Macanan, SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 215-219.