PENINGKATAN EKSISTENSI UMKM KULINER DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA DEPOT TERATAI CHINESE FOOD
Kata Kunci:
Covid-19, UMKM, Sosial MediaAbstrak
Pada masa pandemi covid - 19 yang sedang melanda dunia ini mengakibatkan banyak permasalahan terhadap segala sektor yang ada, salah satunya adalah sektor ekonomi. Banyak usaha yang mengalami penurunan omset usaha dan bahkan tidak sedikit usaha yang harus beralih jenis usaha atau bahkan harus gulung tikar karena situasi dari masa pandemi covid-19 ini. Pembatasan kegiatan sosial membuat UMKM sulit untuk bergerak mengembangkan skala usaha jika hanya memanfaatkan metode konvensional. Depot Teratai Chinese Food merupakan salah satu UMKM di bidang kuliner Chinese yang turut merasakan dampak pandemi Covid – 19. Berlokasi di Jalan Trengguli No. 49, Desa Tambawu, Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Provinsi Bali. UMKM ini dihadapkan dengan permasalahan yaitu belum terlalu dikena serta kurangnya kesadaran karyawan untuk mentaati protokol kesehatan Sehingga untuk membantu mengatasi permasalahn tersebut maka salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM adalah dengan melakukan optimalisasi digital marketing.
Referensi
Ardianti, F., dan Lubis, D. P. 2020. Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Desa Wisata Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor The Effectiveness of Instagram as a Promotion Media of Malasari Tourism Village, Nanggung, Bogor District. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(6), 796-809.
Nasution, D. A. D., Erlina, E., dan Muda, I. 2020. Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212-224.
Raharja, S. U. J., dan Natari, S. U. 2021. Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-132.
Thaha, Abdurrahman Firdaus. "Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia." BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran 2.1 (2020): 147-153.
Untari, D., dan Fajariana, D. E. 2018. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 271-278.