PEMANFAATAN E-COMMERCE, MEDIA SOSIAL, DOMPET DIGITAL PADA UMKM GANDHI'S LAUNDRYMART DI DESA BATUBULAN KANGIN
Kata Kunci:
Covid-19, UMKM, e-commerce, Media Sosial, DANAAbstrak
Pandemi COVID-19 telah melanda Indonesia sejak bulan Maret tahun lalu. Dampak yang ditimbulkan pandemi COVID-19 ini cukup serius melanda seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali pelaku UMKM. Seluruh kegiatan UMKM mengalami keterbatasan dikarenakan adanya peraturan pemerintah terkait pembatasan jam operasional. Masyarakat pun diminta untuk berdiam diri di rumah apabila tidak memiliki kegiatan yang mendesak serta senantiasa menerapkan social distancing atau jaga jarak. Saat ini, UMKM tidak hanya dihadapkan dengan persaingan antar UMKM saja, melainkan bagaimana agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19. Mengedukasi UMKM Gandhi's Laundrymart tentang bagaimana cara berjualan di Ecommerce yaitu shopee dalam rangka memasarkan produk secara online. Mengedukasi UMKM Gandhi's Laundrymart tentang cara mengoptimalkan penggunaan media sosial Instagram dan Tiktok serta bagaimana membuat postingan Instagram dan konten Tiktok yang menarik. Mengedukasi UMKM Gandhi's Laundrymart tentang cara bertransaksi dengan dompet digital seperti “DANA”.
Referensi
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25- 32.
Janah, L. N., & Setyawan, S. (2022). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DI INDONESIA. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(7), 709-716.
Praditasetyo, D., & Saputri, M. E. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Indonesia. eProceedings of Management, 8(5).
Pradnyadari, N. L. M. A. (2021). Hubungan Komitmen Manajer Proyek Terhadap Keberhasilan Proyek Konstruksi Gedung di Wilayah Perkotaan Sarbagita. Jurnal Ilmiah Telsinas Elektro, Sipil dan Teknik Informasi, 4(1), 1-5.
Rofiah, C., & Rahayu, R. S. (2022). Analisis Manual Data Kualitatif Dampak FYP Tiktok pada Pemasaran Digita. CV Literasi Nusantara Abadi.
Sumaryana, F. D. (2021). STRATEGI MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA MELALUI EKSPOR UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19. STRATEGI MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA MELALUI EKSPOR UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19.
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.
UNMAS, (2022). PANDUAN PENGABDIAN MASYARAKAT PEDULI BENCANA COVID-19. DENPASAR.