PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PENJUALAN GANTUNGAN ANGIN PADA TOKO ANANTA SHOP DI DESA LODTUNDUH
Kata Kunci:
Covid-19, UMKM, Pemasaran, Media SosialAbstrak
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan sebelumnya diketahui bahwa UMKM di desa Lodtunduh mengalami penurunan omset penjualan sebagai dampak kondisi pandemi Covid-19. Hal ini menjadi alasan pentingnya pemanfaatan media sosial sebagai upaya untuk mengoptimalisasi penjualan atau pemasaran produk di era pandemi covid-19. Pengabdian ini berfokus pada penyuluhan/sosialisasi dan pelatihan. Penyuluhan ini mengenai pentingnya penggunaan media sosial untuk pemasaran produk UMKM dan pentingnya logo sebagai ciri khas/branding suatu toko dan dalam pelatihan dilakukan pendampingan dalam pembuatan akun media sosial dan logo toko. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini berupa peningkatan pengetahuan UMKM tentang pentingya penggunaan media sosial dan logo dalam suatu usaha UMKM disamping itu, mitra juga memiliki akun media sosial dan juga logo yang telah dibuat sesuai dengan apa yang dipasarkan Mitra. Hasil ini juga menunjukkan adanya konsumen yang membeli salah satu produk yang dilihat melalui marketplace.
Referensi
Andi P, Jefry A.M, Aniek I, 2020. Digital Marketing. Edulitera Denpasar, LPPM Unmas. (2020). Buku Panduan Pengabdian pada Masyarakat Peduli Bencana COVID-19. Denpasar: LPPM Umas Denpasar.https://corona.kendalkab.go.id/berita/profil/kenalan-dengan-covid-19
Ita Suryani, 2014. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal komunikasi Volume 8, Nomor 2.
Moch H. S, Bayu K., Haris, Ray Faradillahisari N. 2020. Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi, Journal Inicio Legis Volume 1 Nomor 1 Oktober 2020
Ratna W., Suratman, E. K. S., 2021. Strategi Adaptasi Di Era Pandemi COVID 19 Bagi Umkm Kalicari Pedurungan Semarang. Universitas Semarang