PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DAN BRANDING PADA USAHA KERIPIK SINGKONG DI DESA BLAHBATUH
Kata Kunci:
Covid-19, Branding, Pelatihan, Keripik SingkongAbstrak
Desa Blahbatuh merupakan salah satu desa yang terletak di Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar. Desa Blahbatuh memiliki luas 4,67 km², dan memiliki jumlah penduduk sebanyak 9.009 jiwa yang tercatat pada tahun 2016. Terdapat beberapa UKM yang didirikan, dan saat ini UKM tersebut sedang mengalami kesulitan bertahan di tengah Pandemi Covid-19 yang sudah melanda Indonesia selama 2 (dua) tahun lebih. Salah satu UKM yang terdampak dari pandemi Covid-19 adalah UKM Keripik Singkong yang menjadi mitra pada kegiatan pengabdian masyarakat ini. UKM Keripik Singkong ini dimiliki oleh Ibu Ni Wayan Rustini. Pemasaran yang mereka lakukan saat ini hanya secara offline, sehingga penyebaran produk tidak maksimal dan sangat berpengaruh pada omset penjualan yang diperoleh. Solusi yang diberikan untuk permasalahan yang dihadapi mitra adalah meningkatkan pengetahuan mitra mengenai pemasaran produk menggunakan media digital atau situs online seperti Whatsapp, Facebook, dan Instagram. Mitra akan diberikan edukasi dan pemahaman mengenai tata cara penggunaan media sosial dalam proses pemasaran produk serta pembuatan label branding sebagai tanda pengenal produk. Selama program kerja ini dilaksanakan mendapat hasil serta respon yang baik. Dari program kerja yang telah disusun telah dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan dan terealisasikan dengan baik. Terutama dalam pembuatan label dan pemasaran produk UKM yaitu Keripik Singkong berjalan dengan lancar.
Referensi
Bappeda Kab. Gianyar. (2014, February 18). Gambaran Umum Kabupaten Gianyar. Retrieved April 15, 2022, From Https://Bappeda.Gianyarkab.Go.Id/Index.Php/Baca-Artikel/3/Gambaran-Umum-Kabupaten-Gianyar.Html
Bps Kab. Gianyar. (2019, September 09). Letak Geografis Kabupaten Gianyar. Retrieved April 04, 2022, From Https://Gianyarkab.Bps.Go.Id/Statictable/2014/11/04/87/Letak-Geografi Kabupaten-Gianyar.Html
Kemenkop Ukm. (2020). Sektor Umkm Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi Di Tengah Pandemi. Kemenkop Ukm. Jakarta. Retrieved From Https://Kemenkopukm.Go.Id/Read/Sektor-Umkm-Jadi-Kunci-Pemulihan Ekonomi-Di-Tengah-Pandemi
Thaha, A. F. (2020, Juni). Dampak Covid-19 terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Brand, 2(Vol 2 No 1 (2020): Volume 2 Nomor 1 Juni 2020), 148. Retrieved 4 15, 2022
ES., D. P., Rahmi, & Aditya, S. (2017, Juli 1). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1, 2-3. Http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Jpm/Article/View/1781/1498