PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI TEKS DI BANJAR SUNIA, DESA WERDHI BHUWANA, KECAMATAN MENGWI

Penulis

  • I wayan Juniartha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Puspa Pertiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Putu Eka Pratiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

pembelajaran daring, motivasi, media, telegram, Bahasa Inggris

Abstrak

Selama 2 Tahun belakangan ini atau setelah terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia, banyak hal yang berubah dan terkena dampaknya. Termasuk di bidang pendidikan yang membuat anak-anak usia sekolah harus belajar dari rumah, yang mengharuskan tiap anak untuk berusaha lebih dalam belajar walaupun tidak ada teman saat belajar atau belajar mandiri. Sehingga banyak anak yang mengalami kesulitan dalam belajar sehingga menurunnya motivasi dan prestasi mereka dalam belajar. Ini karena kurang tersedianya materi belajar yang mudah diakses dan dipahami, terutama dalam pelajaran Bahasa Inggris. Kurangnya motivasi dalam belajar akan sangat berpengaruh terhadap proses maupun hasil belajar siswa, karena motivasi belajar adalah faktor dari dalam diri yang paling mempengaruhi sikap dan cara dalam belajar. Apalagi dalam belajar membaca dan memahami teks dalam Bahasa Inggris yang sering dianggap sebagai hal yang sulit untuk dilakukan oleh para siswa. Upaya yang bisa dilakukan adalah membuat Channel Telegram yang berisi materi pembelajaran, karena dengan media sosial siswa tidak akan merasa terlalu terbebani juga mudah dalam mengakses. Untuk mewujudkan upaya ini memerlukan waktu kira-kira 5 minggu, berawal dari bulan Februari hingga Maret. Yang terbagi menjadi tahap observasi, edukasi, hingga pelatihan. Yang melibatkan 6 orang siswa yang ada di Banjar Sunia, Desa Werdhi Bhuwana, Kecamatan Mengwi. Hasil dari kegiatan ini ditemukan peningkatan dalam kemampuan membaca dan memahami teks berbahasa Inggris masing sebesar 22,6% dan 29,8%. Selain menyediakan media belajar, dilakukan juga kegiatan pengajaran.

Referensi

Ayustina, S. G., & Mustofa, M. Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Coopertive Learning Together Pelajaran Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam Kelas IVB SD N Kestalan Surakarta 2021/2022. Jurnal Handayani PGSFD FIP Unimed, 12(2), 82-87.

Dhanan, A., & Iwan, M. Penggunaan Aplikasi Telegram untuk Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Materi Speaking pada Mahasiswa Universitas Aaritim AMNI Semarang. Prosiding Kemaritiman 2021.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.

Santika, M. A., Natajaya, I. N., & Yudana, I. M. (2021). The Relationship of Learning Motivation, Utilization of Information Technology Media, and Learning Communications to the Achievement of Science Learning. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 12(2), 202-211.

Wikipedia. (2019). Werdi Bhuwana, Mengwi, Badung. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Werdi_Bhuwana,_Mengwi,_Badung

Diterbitkan

2023-06-17