STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA CETAK DAN MEDIA SOSIAL DI WARUNG BU HENDRA DIMASA PENDEMI COVID -19 DI DESA MAMBAL

Penulis

  • Ni Wayan Suastini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Anggi Trisnayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Ayu Devi Maharani Santika Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

strategi pemasaran, covid-19, protokol kesehatan

Abstrak

Pandemi virus Corona bukan hanya bencana kesehatan, virus yang sudah dikenal Seperti Covid-19, telah menyebabkan kekacauan di bidang ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus corona menggebrak bisnis UMKM di Indonesia saraf. Studi mengatakan Covid-19 membawa penurunan ke Indonesia tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 0,1% pada tahun 2020. Secara umum, sebagai berikut Inilah dampak nyata yang ditimbulkan oleh Covid-19 terhadap sektor UMKM di Indonesia. Pandemi COVID-19 saat ini berdampak bidang yang berbeda. Di tingkat perekonomian global. Setelah di lakukannya observasi penulis menemukan bahwa di Sepotong Surga Pizza yang beralamat di Jl. Flamboyan III, Br. Agung, Mambal, Kec. Abiansemal, Kab. Badung, Bali, mitra belum mengikuti protokol kesehatan dengan baik, Beliau juga mengeluhkan betapa sulitnya berjualan karena letak tempat beliau berjualan sangat lah jauh dari jalan raya dan hanya orang di lingkaran desa tempat tinggal yang mengetahui keberadaan beliau berjualan, beliau berjualan pizza dan makanan lainnya seperti lasagna, pasta, potato grata karena menu yang paling digemari oleh pembeli yaitu pizza jadi beliau lebih sering memproduksinya . Untuk mengurangi resiko tersebut maka penulis menganjurkan mitra untuk menerapkan protokol kesehatan brupa 3M memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, Membuatkan sebuah media cetak berupa banner spanduk yang akan diletakkan di gang depan rumah beliau dan membuatkan sebuah akun media sosial berupa instagram yang bertujuan untuk mempromosikan jualan mitra. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan meningkatkan omset penjualan pada masa pandemi. Target dari kegiatan ini adalah mitra bisa mengikuti protokol kesehatan dengan baik.

Referensi

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/manage/article/view/3981

Dahlan, M. (2017). Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 81–86. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16612/7949

Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212

Wahyujatmiko, S., & Yon Hadi, I. (2018). Manajemen Pemasaran Online Makaroni Huhhah Yogyakarta. JBTI : Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(2), 100– 120. https://doi.org/10.18196/bti.92104

Diterbitkan

2023-06-17