OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK UMKM TOKO KUE BU AGUNG PADA MASA COVID-19 DI DESA ADAT MAS, UBUD
Kata Kunci:
UMKM, media sosial, pemasaran digitalAbstrak
Pandemi Covid-19 telah mewabah diseluruh lapisan dunia termasuk indonesia yang menimbulkan banyak dampak pada semua sector kehidupan masyarakat terutama bagi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Salah satu UMKM yang terdampak yaitu usaha Toko Kue Bu Agung yang terletak di Desa Adat Mas, kecamatan Ubud. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada salah satu UMKM Toko Kue Bu Agung yang berlokasi di Desa Adat Mas, Ubud. Dapat disimpulkan bahwa usaha tersebut mengalami beberapa permasalahan yaitu kurangnya pengetahuan pemanfaatan media social sebagai sarana pemasaran dan kurang maksimalnya penerapan protokol kesehatan yang dilakukan di UMKM mitra yaitu belum adanya poster terkait wajib masker dan jaga jarak aman pencegahan penularan covid-19. Menyikapi persoalan tersebut diharapkan dengan adanya Pengabdian pada Masyarakat (PkM) ini memberikan solusi dengan memberikan penyuluhan/ edukasi bagi pelaku UMKM dan melakukan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku UMKM terkait penjualan online. Media digital yang digunakan yaitu Media Sosial Instagram serta kegiatan peningkatan protocol kesehatan melalui pemasangan poster mengenai covid-19 yang akan mampu mengoptimalkan pemasaran dan peningatan penjualan pada Toko Kue Bu agung di masa Covid-19 ini. Adapun Metode yang digunakan agar tercapainya tujuan tersebut yaitu dengan metode penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pelatihan dan pendampingan yang diberikan memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha dengan adanya peningkatan pengetahuan tentang media sosial, peningkatan pengetahuan berbagaimedia yang dapat digunakan dan adanya peningkatan keterampilan dalam penggunaan dan pengelolaan media sosial dalam hal penjualan.
Referensi
Anggun Liliana Putri, 2021, Strategi Komunikasi Pemasaran CV. Abankirenk Yogyakarta Dalam Meningkatkan Penjualan Dimassa Pendemi Covid-19 file:///C:/Users/ASUS/Downloads/15753-39428-1-PB.pdf
Dede Solihin, 2021. Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/DKP/article/download/10 726/6721
Kompasia, 2021, Dukung Pengembangan Usaha Kue Rumahan Dengan Inovasi Brand dan Strategi Digital Marketing https://www.google.co.id/amp/s/www.kompasiana.com/amp/poppymeyla ndaresta3483/6138489001019038116a7332/dukung-pengembangan usaha-kue-rumahan-dengan-inovasi-brand-dan-strategi-digital-marketing
Maskarto Lucky, 2021. Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/download/1064/854
Syaeful Bakhri, 2020. Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 https://web.archive.org/web/20210314072238id_/http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JLS/article/download/7011/pdf