PENDAMPINGAN STRATEGI UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA DAN USAHA PENERAPAN PROKES PANDEMI COVID-19 PADA UMKM DI DESA UBUD

Penulis

  • I Ketut Diartama Kubon Tubuh Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Arista Putri Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

pemasaran, kesehatan, UMKM, pandemi Covid-19

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati tahun 2021 dilaksanakan di tengah kondisi Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, sehingga pelaksanaannya dilakukan menggunakan media online dan digabungan beberapa kegiatan terjun langsung ke lapangan dengan intensitas dan jumlah yang terbatas. Kegiatan ini diselenggarakan di Kabupaten Gianyar yaitu tepatnya di Desa Ubud. Dengan harapan yang diwujudkan dalam bentuk judul “Pendampingan Strategi untuk Mengembangkan Usaha dan Upaya Penerapan Prokes di Masa Pandemi Covid-19 pada UMKM di Desa Ubud”, program pengabdian masyarakat di Desa Ubud dilakukan sesuai dengan kebutuhan permasalahan prioritas di Desa Ubud. Pada kesempatan ini, kegiatan berfokus pada bidang pemasaran dan bidang kesehatan. Bidang pemasaran berfokus pada kegiatan membantu mitra pelaku usaha dalam sistem pemasaran melalui internet dengan memanfaatkan sosial media, pemasangan stiker produk dan pemasaran melalui katalog produk. Sistem pemasaran produk pun dibuat dengan desain yang lebih menarik dan informatif sehingga dapat menarik minat calon pembeli. Bidang Kesehatan berfokus pada pelaksanaan pengadaan tempat cuci tangan dan pemasangan pamplet sebagai bentuk edukasi protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19. Tentunya langkah pemanfaatan media cetak ini dilakukan guna menambah variasi dan menambahkan media promosi kesehatan yang tepat guna untuk masyarakat khusunya pembeli yang mampu mengurangi angka penyebaran Covid-19.

Referensi

Raharja, Jaja Sam’un & Natari, Sari Usih. (2021). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital. Jurnal Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran 4(1), 108-123.

Mansir, Firman & Purnomo, Halim. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digita Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid-19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Jurnal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 1 (1), 39 -50

Yusuf, Rampi & Agus Lahinta. (2020). Peningkatan Kapasitas UMKM Kabupaten Gorontalo Utara dalam Meningkatkan Penjualan melalui Strategi Pemasaran Digital. Gorontalo. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo.

Amir Arham, Muhammad dkk (2020). Strategi Pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Corona Virus Disease (Covid-19). Gorontalo. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo.

Winarti, Cici (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Uuniversitas Tanjungpura

Diterbitkan

2023-06-17