PENGEMBANGAN PRODUK DAN PEMBERIAN PELATIHAN PENCATATAN KEUANGAN SEDERHANA KEPADA UMKM WARUNG ARI DI DESA BUNGAYA KANGIN

Penulis

  • I Ketut Diartama Kubon Tubuh Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Apriliani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, pelatihan, pengembangan, pembukuan, Covid-19

Abstrak

Pandemi Covid-19 menjadi permasalahan yang sedang dihadapi oleh semua orang. Salah satu dampak yang parah terjadi pada sektor ekonomi. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan tempat perputaran ekonomi bagi para pelaku UMKM. Salah satu UMKM yang terdampak adalah UMKM Warung Ari yang berada di Desa Adat Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. UMKM ini bergerak dalam bidang warung tipat cantok dan rujak. Permasalahan yang ditemui dari hasil observasi dan wawancara yaitu UMKM Warung Ari mengalami penurunan penjualan, selain itu UMKM Warung Ari juga kurang aktif dalam melakukan promosi dan kurang aktif melakukan penjualan melalui online di media sosial, dan UMKM Warung Ari juga kurang memahami pengelolaan pembukuan. Hal ini merupakan hal yang terpenting dalam kegiatan usaha, dengan adanya pembukuan pelaku usaha dapat mengetahui sejauh mana perkembangan usahanya. Adapun metode kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan usaha Warung Ari dengan melakukan penjualan secara offline ataupun online di sosial media, sehingga penjualan bisa dilakukan secara online maupun offline dan mengedukasikan cara membuat laporan keuangan sederhana yang baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan dalam memasarkan makanan melalui media sosial seperti WhatsApp berbasis bisnis dan pentingnya pengelolaan pembukuan sederhana bagi UMKM Warung Ari.

Referensi

Hendrawan, A., Handayani, T., & Hidayati, N. (2019, December). Pengelolaan Sistem Pembukuan Proses Bisnis Unit Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Kota Semarang Berbasiskan Website. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj.

Kotler, Philip, & Armstrong, Gary. (2014). Principle Of Marketing. 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kusumo, H. (2018). Pemanfaatan Brosur sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik pada Duta Islamic School (DIS) Semarang. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 88-94.

LPPM Unmas. 2021. Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat. Denpasar: UniversitasMahasaraswati Denpasar.

Muljanto, M. A. (2020). Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 40-43.

Diterbitkan

2023-06-17