MEMPERTAHANKAN PRODUKTIFITAS UMKM DENGAN PEMBUATAN PROPOSAL KEMITRAAN DAN PENYEBARAN BROSUR/PAMFLET PPKM BER-LEVEL

Penulis

  • Thio Tigana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nyoman Yudiarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

mempertahankan, berkembang, penyuluhan, UMKM

Abstrak

Perekonomian daerah pada umumnya ditopang oleh kegiatan ekonomi berskala mikro, kecil dan menengah. Unit usaha yang masuk dalam kategori usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan urat nadi perekonomian daerah dan nasional. UMKM merupakan pemain utama dalam kegiatan ekonomi di Indonesia. Permasalahan yang terjadi di daerah lingkungan adat Banjar Kawan Bangli khususnya pada artikel ini salah satu bisnis mitra yaitu Bangli Meat & Grill, memiliki permasalahan mengenai ketidakseimbangan antara berbagai biaya yang perlu dikeluarkan seperti sewa toko, listrik dan lain lain, dengan pendapatan yang dihasilkan karena penurunan minat daya beli masyarakat. Pada pelaksanaannya juga permasalahan UMKM mengenai berbagai kebijakan yang telah resmi diterapkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 membuat para pelaku usaha kesulitan untuk beradaptasi. Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan yaitu untuk menanggulangi permasalahan UMKM yang hampir gulung tikar dikarenakan antara pendapatan dan pengeluaran tidak seimbang dan melakukan sosialisasi kebijakan PPKM ber-level sesuai daerah yang diterapkan. Adapun tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk mempertahankan UMKM yang mengalami kerugian diakibatkan penurunan daya beli masyarakat dan memberikan sosialisasi tentang kebijakan PPKM ber-level. Metode yang digunakan yaitu metode perancangan data dan penyuluhan. Hasil kegiatan ini dapat menjadikan konsep gambaran baru untuk mendapatkan suntikan dana oleh para pe-modal untuk meningkatkan dan mengembangkan UMKM dengan cakupan yang lebih luas serta memberikan pamahaman terhadap kebijakan PPKM ber-level pada UMKM di Bangli.

Referensi

Fauziyah. 2020. Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 ditinjau dari Aspek Marketing dan Accounting. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 5(2) 155-172.

Hardilawati, Wan Laura. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika. Vol. 10(1) 89-98.

Rukmana, Arief Yanto dan Tuntun Ariadi Sukanta. 2020. Analisis Strategi Bersaing dan Bertahan pada Industri Mikro dan Kecil Panganan Keripik Kemasan di tengah Situasi Sulit Penyebaran Pandemi Covid-19. Jurnal Sains Manajemen dan Akutansi. Vol. 12 (1) 37-53

Soetjipto, Noer. 2020. Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19. Yogyakarta: K-Media.

Wastutiningsih, Sri Peni dan Titis Puspita Dewi. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di era Revolusi Industri 4.0. Suluh Pembangunan. Vol. 1(2) 90-96

Widjajanti, Kesi. 2011. Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol/ 12(1) 15-27.

Diterbitkan

2023-06-17