UPAYA SELEKTIVITAS PENGGUNAAN GADGET DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI WILAYAH DESA SIBANGKAJA, KECAMATAN ABIANSEMAL BADUNG
Kata Kunci:
Covid-19, Pengabdian Masyarakat, Gadget, Penyuluhan, Kegiatan InovatifAbstrak
Pada tahun 2020 ini masyarakat dunia tengah dikejutkan dengan wabah virus corona atau yang lebih dikenal dengan COVID-19. Hal tersebut dikarenakan virus ini telah menginfeksi hampir seluruh negara di dunia. World Health Organization (WHO) semenjak Januari 2020 telah menyatakan dunia masuk ke dalam darurat global terkait virus ini. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi baik masyarakat umum hingga pelajar. Di kalangan pelajar dari jenjang taman kanak-kanak hingga jenjang perguruan tinggi di rumahkan atau belajar di rumah, hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Hal ini menuntut pelajar untuk menggunakan teknologi seperti gadget untuk mengikuti pelajaran yang dilaksanakan secara daring. Namun lama-kelamaan terutama anak Sekolah Dasar akan bosan berdiam diri dirumah dan lebih aktif untuk mencoba fitur serta aplikasi yang ada pada gadgetnya dan mulai meninggalkan dunia bermain mereka. Program pengabdian masyarakat yang di usulkan untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti mengajak anak-anak sekolah dasar untuk melakukan kegiatan- kegiatan yang interaktif dan inovatif. Seperti melaksanakan yoga, belajar bercocok tanam di sawah guna meningkatkan kepedulian anak-anak dengan lingkungan sekitar, kegiatan melukis untuk menyambut 17 Agustus dan program terakhir melaksanakan sosialisasi dengan orang tua anak mengenai manfaat dan dampak buruk menggunakan gadget pada anak sekolah dasar.
Referensi
Chusna, P.A. 2017, ‘Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak’, STIT Al- Muslihun
Kementrian Kesehatan. (2020). Virus COVID-19. Diakses 20 September 2020, dari https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html.
LPPM. (2021). Buku: Panduan Pengabdian Masyarakat Peduli Bencana Covid-19. Universitas Mahasaraswati Denpasar