PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ARTSHOP PATUNG BATU PADAS DI DESA ADAT TEGALTAMU, KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR

Penulis

  • Ni Luh Wayan Debby Oktaviani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Adi Susrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Suparsa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, digital marketing, social media

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang terus berlanjut selama hampir 2 tahun ini mengakibatkan banyak pengusaha UMKM mengalami penurunan omset bahkan ada yang gulung tikar karena sepinya pembeli. Permasalahan ini tentunya juga menimpa pelaku UMKM yakni Arshop Patung Batu Padas yang ada di wilayah Desa Batubulan, Sukawati, Gianyar Bali. Berdasarkan hasil observasi dengan mitra PkM permasalahan yang ditemui pada mitra yaitu terjadinya penurunan pendapatan yang cukup pesat akibat covid-19. Hal ini terjadi karena permintaan masyarakat yang menurun dan sebagian besar omset penjualan yang di dapat dari turis-turis yang berkunjung di Desa Adat Tegaltamu berkurang. Solusi yang dapat diberikan yaitu pertama, penyuluhan/edukasi mengenai pemilihan aplikasi social media yang tepat dalam memasarkan produk seperti Facebook dan Tokopedia. Kedua melakukan pelatihan kepada masyarakat sasaran dilatih kecakapannya dalam membuat dan mengaplikasikan social dan mempromosikan produk Patung Batu Padas di Masa Pandemi Covid-19, serta dilatih dalam pembuatan design logo dan design postingan yang menarik guna mempromosikan produk di media social. Hasil PkM menunjukkan bahwa mitra PkM telah mempu memanfaatkan media sosial sebagai salah satu upaya media mempromosikan atau memasarkan produknya. Melalui kegiatan PkM ini mitra PkM merasakan manfaat menggunakan platform media sosail sebagai media promosi untuk meningkatan dan mengembangkan usahanya.

Referensi

Conten, Bussines. 2019. Mengenal Canva dan Cara Menggunakannya untuk Design secara GRATIS. https://idcloudhost.com/mengenal-canva-dan-cara-menggunakannya/

Intrepreneur, Jurnal. 2019. 8 Alasan Mengapa Social Media Marketing Dibutuhkan UKM. https://www.jurnal.id/id/blog/social-media-marketing-ukm .

Properti, Nata. 2018. Pentingnya Design untuk Kebutuhan Posting Social Media dan Iklan Untuk Devloper. http://www.nataproperty.com/tips/pentingnya-design-untuk-kebutuhan-posting-social-media-dan-iklan-untuk-devloper

Safitri, Farida Nur. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. https://kumparan.com/faridanursafitri19/dampak-covid-19-terhadap-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-di-indonesia-1urxzc2LBXH di akses pada tanggal 30 Juli 2021

Rhismawati, Ni Luh. 2019. Batubulan, Desa "Tari Barong" bertabur prestasi. https://www.antaranews.com/berita/905853/batubulan-desa-tari-barong-bertabur-prestasi.

Suryanti, Made Devi. 2021. Peran Digital Marketing bagi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. https://www.kompasiana.com/devi98/60a509f7d541df330b4b9ce2/peran-digital-marketing-bagi-umkm-di-tengah-pandemi-covid 19www.antaranews.com/berita/905853/batubulan-desa-tari-barong-bertabur-prestasi

Diterbitkan

2023-06-17