E-COMMERCE DAN REPACKAGING KRUPUK KRIUK DESA TAKMUNG

Penulis

  • Ni Putu Novi Yuliasari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gde Putu Agus Pramerta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Suparsa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, packaging, e-commerce

Abstrak

COVID-19 merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan yang menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia seperti batuk pilek. dampaknya tidak hanya di bidang kesehatan tetapi di bidang ekonomi sangat berdampak. Omset perusahaan pun menurum, banyak masyarakat yang dirumahkan bahkan kehilangan pekerjaan akibat covid-19. Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan yaitu Memberikan materi Packaging produk, Memberikan pendampingan dan pelatihan cara packing yang menarik dan pemasang stiker logo pada kemasan, dan Membuat official akun di e-commerce seperti Instagram dan facebook untuk mempromosikan Krupuk Kriuk. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mengedukasi mitra tentang pentingnya packaging dan pemasaran di e-commerce seperti instagram dan facebook, sehingga penjualan dapat meningkat metode yang digunakan adalah diskusi, pelatihan/penyuluhan, pendampingan, evaluasi, dan keberlanjutan. Hasil kegiatan ini adalah mitra dapat mengerti pentingnya packaging produk serta e-commerce untuk mempromosikan dan menaikkan penjualan.

Referensi

Dirman, A., & Wahyuni, P. D. (2020). Pelatihan Pengembangan Kreasi Dalam Hal Packaging Produk Sebagai Strategi Marketing Pada Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Kembangan Selatan. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 141-150. Diakses dari http://www.ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/BERDAYA/article/view/ 281

Listianto, K. F., Fauzi, R. I., Irviani, R., Kasmi, K., & Garaika, G. (2017). Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Industri Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. J. TAM (Technol. Accept. Model), 8(2), 146-152. Diakses dari http://eprint.stmikpringsewu.ac.id/16/1608813399837-1-PB.pdf

Manurung, H. P. (2017). Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Sepatu Boenot UMKM Kisaran. ECONOMIC SCIENCE: JURNAL ILMIAH DAN EKONOMI, 1(1). Diakses dari http://jurnal.una.ac.id/index.php/jes/article/view/7

Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17-24. Diakses dari http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/145

Rimiyati, H., & Munawaroh, M. (2019). Branding Dan Inovasi Packaging Pengrajin Minuman Jamu Tradisional. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. Diakses dari https://prosiding.umy.ac.id/semnasppm/index.php/psppm/article/download/379 /506

Suryandari, N. N. A., & Pramerta, I. G. P. A. (2018). Tantangan Umkm Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Akses, 10(2). Diakses dari http://ojs.unr.ac.id/index.php/akses/article/view/16

Diterbitkan

2023-06-17