STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN UMKM ANGKRINGAN NASI JINGGO IBU ASIH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SUMERTA KAJA

Penulis

  • Luh Ketut Ari Anggarawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

digital marketing, pelatihan, UMKM

Abstrak

Kegiatan pengabdian pada masyarakat kali ini berfokus pada penguatan manajemen usaha melalui pemanfaatan digital marketing sebagai media promosi dengan pelatihan penggunaan sales letter dan sosial media. Fokus pendampingan mitra pada UMKM Angkringan Nasi Jinggo Ibu Asih di Desa Sumerta Kaja. Harapan dengan adanya pelatihan pemanfaatan digital marketing ini dapat meningkatkan kemandirian ekonomi melalui UMKM Angkringan Nasi Jinggo Ibu Asih, khususnya pada ketrampilan pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan marketing secara online maupun offline. Permasalahan yang diangkat adalah mitra belum memiliki logo usaha, belum menerapkan pemasaran melalui digital marketing, serta mitra belum memiliki papan segitiga banner. Solusi yang ditawarkan adalah pembuatan logo usaha, pembuatan sales letter, pembuatan akun sosial media, serta memberikan papan segitiga banner. Penerapan digital marketing kepada mitra melalui pembuatan sales letter serta akun sosial media melalui pelatihan dan pendampingan mitra dalam penggunaan aplikasi Canva, Instagram, dan Whatsapp Business. Pelaksanaan kegiatan dengan metode Praktik untuk menjalin keterbukaan, kepercayaan dan memahami persepsi, sikap serta pengalaman persoalan yang dimiliki oleh mitra dalam melakukan pemasaran melalui digital marketing, kemudian dilanjutkan pada pendampingan yaitu penyuluhan dan pelatihan penggunaan sosial media yang meliputi pembuatan aplikasi Instagram dan Whatsapp Business.

Referensi

Anggoro, D., & Hasugian, H. 2020. Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 384-391.

Ardhiani, M. R., Handayani, C. M. S., & Asj’ari, F. 2021. Strategi Pemberdayaan UMKM Makanan Berbasis Kearifan Lokal Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Slempit Kedamean Gresik. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43-51.

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. 2020, November. Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik covid 19 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) (Vol. 6, No. 2, pp. 139-146).

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61-76.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Raharja, S. U. J., & Natari, S. U. 2021. Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-123.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. 2020. Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. 2020. Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Susanti, A., Istiyanto, B., & Jalari, M. 2020. Strategi UKM pada Masa Pandemi Covid 19. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67-74.

Wardhana, A. 2015, April. Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (pp. 327-337)

Diterbitkan

2023-06-17