PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA UMKM STAR FOTO COPY DI DESA PENATIH
Kata Kunci:
buka warung, Covid-19, media digital, UMKMAbstrak
Pandemi Covid-19 memberi dampak pada ketidakstabilan ekonomi, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu juga berpengaruh pada salah satu UMKM yang berada di lingkungan Br. Saba, Desa Penatih, Denpasar Timur. Adapun UMKM ini bernama Star Foto Copy. Permasalahan yang dihadapi oleh Star Foto Copy selama Pandemi Covid-19 adalah 1. Masih kurangnya pemahaman tentang pengoptimalan media digital untuk memasarkan barang dan jasanya. 2. Pelaku UMKM merasa kesulitan dalam melakukan pencatatan pembukuan baik penjualan maupun pengeluaran dikarenakan proses pembukuan masih dilakukan secara manual. 3. Mengalami penurunan pendapatan akibat adanyan Pandemi Covid-19. Tujuan dari pengabdian masyarakat yaitu mampu membantu UMKM Star Foto Copy agar mengalami peningkatan pendapatan ditengah menurunnya permintaan konsumen pada masa Pandemi Covid-19 akibat diterapkannya kebijakan PPKM dan Work From Home. Program kerja yang diharapkan mampu untuk membantu pelaku UMKM agar usahanya dapat tetap berjalan lancar sehingga mengalami peningkatan pendapatan dan membantu efisiensi pencatatan jual beli dalam bentuk pembukuan digital, sebagai berikut : 1. Memberikan edukasi dan pelatihan kepada pelaku UMKM Star Foto Copy tentang bagaimana pengoptimalan media digital dalam hal ini adalah aplikasi Whatsapp Business. 2. Mensosialisasikan atau mengenalkan aplikasi penyusunan pembukuan melalui aplikasi BukuWarung agar kedepannya masyarakat sasaran lebih mudah menyusun pembukuan usahanya secara digital. Hasil yang diperoleh dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah UMKM Star Foto Copy dapat memaksimalkan pemanfaatan media digital dalam hal ini khususnya aplikasi Whatsapp Business untuk mempromosikan usahanya, dan aplikasi BukuWarung untuk memudahkan proses pembukuan (penjualan & pengeluaran) sehingga usaha dapat tetap berjalan secara optimal ditengah pandemi.
Referensi
Kervin, L. (2016). Powerful and playful literacy learning with digital technologies. Australian Journal of Language and Literacy, 39(1), 64-73.
Latief, M. (2018). Masih Banyak Pelaku UMKM “Buta” Akuntansi.
LPPM Unmas. 2021. Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar
Mellita, D. (2014). Pemetaan industri kreatif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan urban di kota Palembang.
Nabila, Marsya. 2020. Buku Warung. Jakarta Barat.
Rudjito. (2003). Strategi Pengembangan Umkm Berbasis Strategi Bisnis. Ryan, D. (2014). The best digital marketing campaigns in the World II. Kogan Page Publishers
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Sambal Di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298- 309.
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.
Suyati, S. (2020). Tata Kelola Keuangan Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 64-75.
Wibowo, J. B. (2018). Analisis Perbandingan antara Pendapatan Driver Go-Jek Full Time dan Upah Minimum Regional Kota Studi Kasus di Kota Yogyakarta.