UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA DALAM MASA PANDEMI COVID - 19 DI UMKM JUNIA DEWATA

Penulis

  • Desak Made Kurnia Rahayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Komang Merawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

pendapatan, edukasi, pelatihan, sosial media, pengemasan produk

Abstrak

Berbagai upaya penanggulangan dilakukan pemerintah untuk meredam dampak dari pandemi Covid-19 di berbagai sektor. Hampir seluruh sektor terdampak, tak hanya kesehatan. Sektor ekonomi juga mengalami dampak serius akibat pandemi virus corona. Salah satu sektor UMKM yang mengalami dampak akibat adanya virus pandemi covid-19 yaitu UMKM Junia Dewata. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Junia Dewata pada masa pandemi covid-19, yaitu terjadinya penurunan pendapatan, kemasan kue kaliadrem hanya menggunakan plastik bening dan kotak mika tanpa adanya stiker logo pada kemasan, kurangnya pengetahuan terhadap cara mengelola pembukuan usaha. Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan, yaitu, memberikan edukasi dan pelatihan cara mempromosikan produk melalui sosial media, memberikan pelatihan cara mengemas produk dengan menambahkan stiker logo pada kemasan, dan memberikan pelatihan cara mengelola pembukuan yang baik. Tujuan utama dilakukannya kegiatan ini untuk membantu meningkatkan pendapatan UMKM Junia Dewata yang mengalami penurunan pendapatan yang diakibatkan oleh pandemi covid-19, dengan cara mempromosikan usahanya melalui sosial media seperti instagram, facebook. Pemasangan stiker logo pada kemasan akan membantu konsumen baru untuk mengenali produk kue kaliadrem UMKM Junia Dewata.

Referensi

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20-27.

Dahlan, T., Murfiah, U., & Indriani, R. (2018). Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi UKM Kerajinan Anyam Pandan di Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya. Jurnal Solma, 7(2), 153-160.

Kelly, L., Kerr, G., & Drennan, J. (2010). Avoidance of advertising in social networking sites: The teenage perspective. Journal of interactive advertising, 10(2), 16-27.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ke 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip,. & Armstrong, Gary. (2014). Principle Of Marketing. 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Maucash.id. 2020. Dampak Covid-19 terhadap sector UMKM di Indonesia

Merawati, L. K., Suryawathy, I. G. A., & Tamba, I. M. 2015. Ibm Untuk Kelompok Ternak Ikan Nila Mina Karya Dan IRT Mina Lestari Di Desa Selisihan, Kabupaten Klungkung. Jurnal Bakti Saraswati, 4(2), 74761.

Suryawathy, I.G.A., Sapta, I.K.S. and Merawati, L.K., 2015. Ibm Untuk Usaha Kecil Pembuat Jajan Banten Di Desa Dawan Kelod, Kabupaten Klungkung. Ngayah: Majalah Aplikasi IPTEKS, 6(1), p.156259

Diterbitkan

2023-06-17