UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA AGUNG GRAZINIA CERAMIC DI DESA GUWANG

Penulis

  • Anak Agung Putri Gita Purna Asari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

sosial media, pemasaran, buku kas, digital, UMKM

Abstrak

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, namun juga berdampak pada sektor perekonomian terutama di pulau yang mengutamakan pariwisata yaitu pulau Bali. Agung Grazinia Ceramic adalah salah satu pengerajin keramik yang terletak di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar dimana usaha ini juga sangat terdampak oleh Pandemi Covid-19. Agung Grazinia Ceramic membuat kerajinan dari tanah liat yang dibentuk menjadi barang pakai seperti gelas dan piring yang akan dikirim ke hotel-hotel di Bali maupun di luar Bali, namun saat ini tidak ada wisatawan yang berwisata sehingga menyebabkan penurunan pendapatan di UMKM ini. Setelah melakukan observasi kami memutuskan untuk melakukan 3 program kerja yang diharapkan dapat membantu menanggulangi dampak Covid-19 yaitu 1) Mengedukasi dan membantu dalam pembuatan akun media sosial instagram dan shopee dan memberikan pelatihan mengenai cara untuk mengaplikasikannya 2) Mengenalkan dan mengedukasi cara untuk mengaplikasikan buku kas digital 3) Memberikan tips untuk membuat foto produk yang menarik dan mempraktekkannya secara langsung. Diharapkan dengan dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini dapat membantu UMKM khususnya Agung Grazinia Ceramic yang sedang terdampak Covid-19 sehingga tetap dapat berdiri dan tidak merugi.

Referensi

Febriyantoro, M. T. & Arisandi, D. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, Vol. 1, No. 2, pp. 62-76

Pradiani, T. 2017. Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, Vol. 11, No. 2, pp. 46-53

Sanjaya, R. & Tarigan, J. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Siswanto, T. 2013. Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, Vol. 2, No. 1, pp. 80-86.

Yamali, F. R., & Putri, R. N. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, Vol. 4 No. 2, pp. 384-388.

Yana, D. 2014. Potensi Kerajinan Keramik Dalam Seni Tradisi Pertunjukan Indonesia. Panggung, Vol. 24, No. 4

Diterbitkan

2023-06-17