MENGOPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UMKM DI DESA PENGOSEKAN UBUD PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Ni Made Wersi Murtini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Agung Gana Kumara Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Made Angga Kusuma Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

ekonomi, UMKM, promosi, Covid-19

Abstrak

Lokasi sasaran pada pengabdian ini yaitu salah satu toko Pakaian di Jl. Pengosekan Ubud. Setelah melakukan observasi dengan datang langsung ke toko dan melakukan wawancara dengan pemilik usaha, disini ditemukan permasalahan yang sedang dihadapi oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Berdasarkan hasil observasi pada UMKM Karang Dewata di Desa Pengosekan Ubud ditemukan kendala atau permasalahan yang sedang dihadapi oleh pelaku usaha di sektor ekonomi yang menjual produk pakaian, dimana usaha ini mengalami penurunan omset akibat pandemi Covid-19. Setelah berbincang dengan Dewa Ayu Padma selaku pemilik usaha, dimana saya sebagai mahasiswa yang sedang melaksanakan program Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk mengedukasi penggunaan sosial media untuk memasarkan usaha dari UMKM Karang Dewata dan untuk meningkatkan penjualan serta dikenal oleh masyarakat secara luas. Adapun program kerja yang nantinya akan diterapakan untuk membantu memecahkan masalah yang sedang di hadapi pelaku usaha yaitu, memasarkan produk beliau melalui media digital seperti Shopee untuk proses promosi, membantu menyusun pembukuan sederhana agar lebih mudah untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran.

Referensi

Dahlan, M. (2017). Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). 81- 86.

http://www.pejeng.desa.id/page/sejarah-desa.html (Diakses pada tanggal 26 Februari 2021).

LPPM. 2021. Buku Panduan Pengabdian Masyarakat 2021 Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar

Yamali, Fakhrul Rozi, and Ririn Noviyanti Putri. "Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia." Ekonomis: Journal of Economics and Business 4.2 (2020): 384-388

Diterbitkan

2023-06-17