UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PENJAHIT ANGGUNGAN

Penulis

  • I Gde Putu Agus Pramerta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Suparsa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Citra Cahyati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, penjahit, promosi, pengembangan, pembukuan

Abstrak

Penyebaran virus corona hingga saat ini masih menjadi perhatian khusus pemerintah Indonesia. Sejumlah langkah pun dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 tersebut. Mulai dari social distancing, membeli jutaan vaksin untuk menyembuhkan corona, hingga melarang masyarakat untuk melakukan kegiatan yang membuat kerumunan. Banyak perusahaan besar hingga UMKM mendapat dampaknya. Karyawan di PHK, UMKM terpaksa ditutup, pembatasan waktu berbelanja dan lain-lain terkait progam kesehatan yang di keluarkan pemerintah. Tujuan dilakukannya pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu warga Banjar Umahanyar Anggungan khususnya penjahit yang mengalami kesulitan dalam menemukan solusi untuk meningkatkan pendapatannya dengan cara membantu membantu mempromosikan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan juga Tik Tok agar bisa memudahkan konsumen dalam memilih produk maupun membeli dan pengembangan produk seperti pembuatan baju wanita berupa baju dan dress wanita, baju kemeja pria, baju kebaya yang mengikuti tren, dan edukasi terhadap pembukuan pengeluaran dan pemasukan dari produk yang terjual dari ibu penjahit tersebut.

Referensi

Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12-20. Diakses dari http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/20221

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118-124. Diakses dari https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/644

Pramerta, I. G. P. A., Wahyuni, N. K. A., Hasi, F. S., & Titiyasa, W. (2020). PEMBERDASAYAAN MASYARAKAT DESA SOBANGAN MELALUI DIGITALISASI UMKM DENGAN TITIPKU. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 1(1), 34-41. Diakses dari http://e journal.unmas.ac.id/index.php/jadma/article/view/773

Safitri, I. (2020). Peluang, Tantangan dan Strategi Pengembangan UMKM di Indonesia Pada Masa Pandemi COVID-19. Diakses dari https://osf.io/preprints/jm6u2/

Ulfah, S. C. (2021). Implementasi Aplikasi Buku Kas Umum Berbasis Website Di Desa Ciwaruga Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. PENGABDIAN PADA MASYARAKAT SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, 1(1), 6-10. Diakses dari https://ojs.unikom.ac.id/index.php/abdikamsia/article/view/4588

Diterbitkan

2023-06-17