STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN UMKM WARUNG BALANCE DESA ADAT SIDAKARYA DI MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
UMKM, aplikasi online, Grabfood, InstagramAbstrak
Tujuan dan target yang ingin dicapai melalui kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah menigkatkan pemahaman dan mengedukasi masyarakat pelaku UMKM tentang pentingnya peran media digital dalam meningkatkan pendapatan di masa pandemic Covid-19. Dari hasil observasi dan diskusi yang telah dilakukan kepada salah satu UMKM yang ada di Desa Adat Sidakaya, ditemukannya permasalahan sebagai berikut; (1) sulitnya berjualan offline di masa pandemi; (2) kurangnya pemahaman tentang pemasaran di media sosial seperti instagram. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka, diperlukan solusi diantaranya; (1) memberikan edukasi terkait penggunakan aplikasi grabfood dalam melakukan penjualan secara online; (2) pelatihan dan pendampingan cara mengoperasikan aplikasi grabfood sebagai sarana penjualan online; (3) pelatihan dan pendampigan cara mengoptimalkan penggunaan aplikasi Instagram. Secara umum kegiatan PkM telah berjalan lancar. Pemilik UMKM secara komprehensif telah mampu memahami dan terampil dalam memanfaatkan aplikasi online seperti grabfood dan Instagram dalam meningkatkan omzet penjualan di masa pandemic. Dengan adanya kegiatan PkM ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk lebih memanfaatkan media digital dalam mempromosikan atau memasarkan produknya.
Referensi
Ascharisa Mettasatya Afrilia. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi, Vol 1, No.1, 147–157.
Hardilawati, W. L. (2019). Model Pemasaran Hubungan Pelanggan, Inovasi dan E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UKM di Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 9(2),213–222
Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education Limited
Rizah, Muhammad., Ria Afrianti., dan Iman Abdurahman. (2021). Dampak Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bagi Pelaku Bisnis Coffe Shop Pada Masa Pandemi Terdampak Covid-19 di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Inspirasi, Vol. 12 No.1, 96-105.
Wibawa, Kadek Adi dan Ni Made Devi Mayanti. (2021). Pengedukasian UMKM Jegeg Bali Tailor Melalui Transformasi Digital Selama Pandemi Covid-19 di Tabanan-Bali. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 9, No 1, 129-135