STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM TERNAK LELE DENGAN UPAYA PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI DESA LAPLAPAN UBUD YANG TERDAMPAK COVID -19
Kata Kunci:
Covid-19, Strategi Pemasaran Media SosialAbstrak
UMKM peternakan lele Pak Lila yang berlokasi di Br.laplapan, petulu, ubud, Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah dampak covid-19, dimana mitra kesulitan melakukan pemasaran atau distribusi hasil panen ikan lele karena banyaknya langganan pengusaha kuliner olahan ikan lele tutup, sehingga mitra sulit untuk memasarkan atau menjual hasil panen ikan lele dan juga karena adanya masa pandemi covid-19 ini menurunnya pendapatan mitra. Mitra juga hanya memasarkan hasil panen ikan lele di lingkungan sekitar sehingga mitra membutuhkan media sosial untuk melakukan interaksi jual beli secara online. Pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini akan dilakukan Memberikan edukasi dan mengajarkan bagaimana cara mempromosikan menggunakan platform media sosial kepada masyarakat sasaran, Mengajarkan masyarakat sasaran mengenai bagaimana cara pembuatan nama usaha, Mengajarkan masyarakat sasaran mengenai pembuatan platform akun media sosial dan menghubungkan akun media sosial dan memberikan edukasi mengenai manajemen keuangan. Untuk meningkatkan omset serta target pasar yang lebih luas lagi.
Referensi
Rifai, Meiliana. 2020. Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi UMKM Terdampak Pandemi Covid-19. Dikutip 29 juli 2021. Universitas Amikom Purwokerto. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1 No. 4, pp. 604-609.
Sulaksono, Zakaria. 2020. Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Dikutip 29 juli 2021. Universitas Udayana Bali. Generatiom Journal, Vol.4 No. 1, e-ISSN: 2549-2233 / p-ISSN: 2580-4952.
Santi, Utomo. 2021. Analisis Perubahan Kegiatan Ekonomi Lokal Di Ubud Bali pada Masa Pandemi Covid-19. Dikutip 28 juli 2021. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, Vol 1, No 3, 2021.
Sunardi, dkk. 2021. Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19. Dikutip 29 juli 2021. Jurnal Abdi Masyarakat, Vol.2, No 2, April 2021.