PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA DIRUMAH (WORK FROM HOME ) DI MASA PANDEMI COVID -19 MENGGUNAKAN METODE SOSIALISASI DAN DISKUSI SERTA MEMBERIKAN PELATIHAN KEPADA SISWA CARA PEMBUATAN HAND SANITIZER DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ALAMI

Penulis

  • Ni Putu Yuria Mendra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Edy Septian Santosa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Sri Suryani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pendampingan Belajar, Pembuatan Handsanitizer, Covid-19

Abstrak

Bencana pandemi covid-19 telah memberikan banyak perubahan dalam kehidupan. Perubahan yang terjadi diantaranya adalah pada sektor ekonomi, pendidikan, sosial, dan sebagainya. Selama masa pandemi covid-19, pembelajaran di sekolah dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Pembelajaran daring tentu saja membawa sejumlah dampak pada kehidupan peserta didik atau siswa bahkan orang tua. Akibatnya pembelajaran menjadi kurang efektif menurunnya minat belajar siswa dikarenakan sejumlah kendala dalam pembelajaran daring masih sering ditemukan. Salah satunya adalah peran orang tua dalam pendampingan belajar siswa selama di rumah. Orang tua pekerja biasanya tidak mampu mendampingi putra-putri mereka dalam belajar di rumah dan orang tua tidak mampu membantu anak mereka dalam menyelesaikan tugas sekolahnya karena kurangnya pemahaman materi. Oleh sebab itu guna mengatasi permasalahan belajar selama masa pandemi, metode yang diterapkan disesuaikan dengan keadaan dilingkungan sekitar yaitu dengan melakukan pendampingan belajar dirumah dengan menyediakan fasilitas yang memadai untuk meningkatkan minat belajar siswa serta memberikan sosialisasi dan cara tentang pembuatan hand sanitizer secara alami melalui penayangan video youtube dengan menggunakan laptop. Pelatihan cara pembuatan hand sanitizer dilakukan secara langsung.

Referensi

Agus Santoso dan Yunni Rusmawati. 2019. Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 36-43

Linda. 2012. Penggunaan Media Charta Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas IV SD. PGSD. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

LPPM. (2021). Buku : Panduan Kuliah Kerja Nyata Peduli Bencana Covid-19. Universitas Mahasaraswati Denpasar

Lusi.,Rifani,Z .,Rofi.,Aldina,E,A. 2020. Artikel. Pelatihan pembuatan Hand Sanitizer Di dusun Pahing . Universitas Negeri Semarangg.

Razi F., Yulianty V., Amani, S A., Fauzia J H. 2020. Bunga Rampai COVID-19: Buku Kesehatan Mandiri untuk Sahabat. PD Prokami: Depok.

Rosaria, D., Novika, H. 2017. Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2(2), 2461-0992

Diterbitkan

2023-06-17