PENGEMBANGAN USAHA UMKM NANTA PRODUKSI KERIPIK MELALUI DIGITAL MARKETING DAN INOVASI PRODUK VARIAN BARU DI DUSUN ANJINGAN
Kata Kunci:
promosi, pembukuan, rasa baru, UMKMAbstrak
Kurangnya pengetahuan UMKM mengenai manfaat digitalisasi pemasaran memberikan dampak yang kurang baik terhadap peningkatan omset UKM Nanta di masa Pandemi. Pegabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan implementasi mengenai pemanfaatan media online dalam pemasaran, pengetahuan mengenai manajemen keuangan, dan meningkatkan pengembangan produk mitra. Metode yang digunakan, yaitu metode penyuluhan dan praktik. Hasil dari kegiatan ini dapat memberi wawasan kepada pemilik UMKM bagaimana cara memasarkan produk di media sosial sebagai platform penjualan online di masa pandemi, serta mengetahui cara penggunaan aplikasi buku warung sebagai aplikasi pembukuan online menggunakan smartphone. dan mengdukasi tentang desain packaging baru, rasa baru, dan jenis varian keripik baru. Hasil pengabdian masyarakat adalah mitra dapat mengaplikasikan promosi melalui media sosial, mitra juga dapat menggunakan aplikasi keuangan. Pemberian label dan pengembangan produk juga dilakukan dengan baik.
Referensi
Aditya Yoga, Sugiharti, Zati Rizka Fadhila. (2021). Jurnal Budimas, Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Produk UMKM Desa Boja.
Emaridial Uza, Ferdiansyah, dan Dirga Masri. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembinaan dan Pembantuan Modal Usaha di Utan Kayu Jakarta Timur.
Khoirudin, Henny Indriwati, dan Edi Widodo. (2021). Jurnal Pengabdian Masyarakat Tabikpun, Pemanfaatan Aplikasi Pembukuan Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kecamatan Pedurungan.
Sudaryanto, Haruno Sejati, Anggraini Kusumaninggrum, Dwi Nugraheny, Salam Aryanto, dan Hero Wintolo. (2019). Pendampingan Pemasaran Produk Menggunakan Intagram Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Pathuk Gunung Kidul.
Tommy, Ruswan Nurmadi, Imran Lubis, Nenma Irsa Syahputri. (2020). Penyuluhan Potensi Media Informasi dan Internet Bagi Bisnis UMKM Desa Bukit Lawang