OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING MELALUI KONSEP MIND MAP BERBASIS POWER POINT PADA SISWA SDN 1 BURUAN

Penulis

  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Inten Paraniti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Ari Juliantari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, Pembelajaran Daring, Mind Map, Mesatua Bali, Majejaitan

Abstrak

Dunia Pendidikan di Br. Celuk, Desa Buruan, Kec. Blahbatuh, Kab Gianyar juga terkena imbas dari adanya pendemi Covid 19. SDN. 1 Buruan adalah sekolah dasar (SD) Negeri yang beralamat di Jalan. Banteng, Br. Celuk, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Melihat permasalahan prioritas yang sedang dialami oleh mitra yaitu: 1) Kurang mampunya orang tua siswa menciptakan suasana belajar yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa dalam menjelaskan mata pelajaran atau tugas yang diberikan oleh gurunya disekolah, 2) Kurangnya minat dan semangat siswa untuk belajar secara daring karena faktor bosan sehingga berdampak pada menurunnya aktivitas dan prestasi belajar siswa. Melihat problem yang sedang dihadapi oleh mitra, disini kami memberikan solusi yang sekiranya dapat membantu permasalahan mitra yakni: pengoptimalan pembelajaran daring melalui ringkasan materi pelajaran yang disajikan dalam bentuk power point berkonsepkan Mind Map dan memberikan pelatihan membuat canang sari dan mesatua Bali yang akan dilombakan kepada siswa program ini adalah kegiatan selingan non akademik dengan tujuan untuk meminimalkan rasa bosan siswa selama pembelajaran daring di tengah pandemi COVID-19. Adapun metode pelaksanaan dari kegiatan ini adalah melalui sosialisasi, demonstrasi, pendampingan, pelatihan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, sudah mencapai target dimana siswa menjadi lebih bersemangat mengikuti pembelajaran daring di tengah pandemi COVID-19.

Referensi

Amalia. A, Nurus.S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi Volume 13 No.2, Desember 2020 Fakultas Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sunan Kalijaga.Yogyakarta

Dewi, Ni Wayan Winjassisca Purnama, Putu Nanci Riastini,I Nyoman Murda. (2016). Penerapan Model Snowball Throwing Berbantuan Satua Bali Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. e.journal. Universitas pendidikan Ganesha Singaraja

Guspriyanto, Yudy. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran “Mind Mapping” Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Banyubiru 01 Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Hariana.K. (2019). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Pada Seni Sesaji Canang Sari Di Kecamatan Balinggi Sulawesi Tengah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Sihotang, T,N,R. (2019). Implementasi Metode Mind Mapping Berbantu Media Power Point Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mts Al-Washliyah Damar Condong Serang Jaya Hilir. Skripsi.Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan

Yazid.H, Neviyarni.(2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Psikologis Siswa Akibat Covid-19. Jurnal Human Care Volume 6;No.1 (Februari, 2021): 207-213 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang. Sumatera Barat

Diterbitkan

2023-06-17