PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS DIGITAL PADA UMKM GAUTAMA LAMP DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Ni Nyoman Ayu Suryandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sukerta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yacinta Margaretha Mbing Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, Digital, Pemasaran, Pembukuan

Abstrak

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menyerang sistem pernafasan. Penambahan kasus Covid-19 di Indonesia mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan - kebijakan guna menekan angka penyebaran virus ini. Salah satu kebijakan yang diterapkan adalah kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang dampaknya dirasakan oleh sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Salah satu UMKM yang berlokasi di Desa Tegal Kertha, Denpasar Barat yaitu UMKM Gautama Lamp juga terkena dampak berupa penurunan omset usaha. UMKM ini juga belum didukung dengan pemasaran online, katalog usaha, fotografi produk yang baik serta pembukuan digital. Berdasarkan permasalahan tersebut, adapun program yang dilakukan membantu pemasaran digital, edukasi fotografi produk, pembuatan katalog usaha, dan penyuluhan pembukuan digital. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah agar pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualannya di tengah pandemi, memperkenalkan produk ke seluruh kalangan masyarakat, selain itu kegiatan ini diharapkan dapat membantu UMKM dapat lebih berkembang baik dari segi pemasaran maupun pembukuan dengan berbasis digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendampingan, penyuluhan dan pelatihan dalam pemasaran dan pembukuan digital terhadap mitra. Hasil kegiatan ini adalah mitra mampu meningkatkan omset usahanya, mitra terampil dalam mengambil foto, mitra memiliki katalog produk, dan pencatatan keuangan sudah dilakukan secara digital.

Referensi

Andarsari, P. R., & Dura, J. (2018). Implementasi pencatatan keuangan pada usaha kecil dan menengah. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 59-65.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18-33.

Kompas.com. 2021. UPDATE 30 Juli: Ada 549.343 Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia. Diambil dari https://nasional.kompas.com/read/2021/07/30/16494881/update-30-juli-ada-549343-kasus-aktif-covid-19-di-indonesia diakses pada tanggal 30 Juli 2021

Liputan6.com. 2020. Berapa Jumlah UMKM di Indonesia Ini Hitungannya. Diambil dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/4346352/berapa-jumlah-umkm-di indonesia-ini-hitungannya diakses pada tanggal 30 Juli 2021

Muhammad, A. (2014). Pembuatan E-Katalog Produk Multi Komponen Dengan Visualisasi 3d Berbasis Web (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas).

Worldmeter. 2021. Covid-19 Corona Virus Pandemic. Diambil dari https://www.worldometers.info/coronavirus/ diakses pada tanggal 30 Juli 2021

Diterbitkan

2023-06-17