EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM PENJAHIT DI MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
UMKM, edukasi, pendampingan, pengembangan usahaAbstrak
Kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Banjar Tojan Tegal, Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar dimana pengabdian ini dilakukan pada usaha penjahit kebaya, vermak baju dan kebaya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan pemilik usaha dalam berjualan melalui media online. Pengabdian ini dilakukan melalui kegiatan pendampingan meliputi, pengemasan produk logo usaha, pembukuan dan pelatihan penggunaan media online dalam penjualan produk serta pemantauan dan evaluasi. Hasil yang diperoleh setelah pendampingan menunjukkan peningkatan akses konsumen kepada usaha mikro binaan yang diindikasikan dengan meningkatnya pesanan dan omset usaha mikro binaan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pelaku usaha mikro lainnya yang terdampak pandemi covid-19 dan menjadi solusi dari masalah UMKM yang ada.
Referensi
Agustina PN, (2020) Strategy Of SMEs In The Covid-19 Pandemic Period. Jurnal Akuntansi Perpajakan, 45-52.
Mckibbin W & Fernando R. (2020). The Global Macroeconomic Impacts Of COVID-19: Seven Scenarios. SSRN Electronic Journal.
Pakpahan AK. 2020. Covid-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional.
Ryan D, Page CJK. (2009). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. Journal of Direct
Sohrabi C, dkk. (2020). World Health Organization Declares Global Emergency: A Review Of The 2019 Novel Coronavirus (COVID-19). Int J Surg. 76:71-76.
Tunjungsari, dkk (2020). Pengembangan Kemasan Produk dalam Rangka Membangun Merek Nasi Minyak Instan di Jambi. Journal of Sustainable Community Development .Vol. 2 No. 2