PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK DAN PROMOSI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA DAUH PURI KANGIN
Kata Kunci:
Covid-19, UMKM, Promosi, PerekonomianAbstrak
Sebagai tanggapan atas merebaknya covid-19, pemerintah memberikan kebijakan dengan menerapkan sistem PPKM menyebabkan banyaknya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terpaksa mengurangi jam kerja sehingga berdampak pada menurunnya perekonomian.. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di Desa tempat pengabdian ini, ditemukan bahwa banyak masyarakat khususnya ibu-ibu pkk yang dirumahkan maupun di phk dari pekerjaan akibat terdampak pandemi COVID-19 yang menyebabkan perekonomian menjadi menurun. Adapun solusi yang dapat saya berikan untuk mengatasi permasalah yang dihadapi oleh ibu-ibu pkk antara lain : Membantu ibu-ibu pkk dalam pembuatan makanan Jaje basah khas bali untuk merintis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), memberikan pelatihan dalam pembuatan produk secara higenis dan sanitasi, mengajarkan dalam pembuatan media sosial dan cara penggunaanya sebagai tempat promosi produk.
Referensi
Arianto, B. (2020) ‘Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19’, ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), pp. 233–247. Available at: https://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/512.
Atmaja, NPCD., Sukerta. IM., Januarta IW. 2022. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Digital UKM Ukiran Bali di Desa Batubulan Kangin. Prosiding Seminar Regional. Hal. 618-625.
Dwijayanti, A. and Pramesti, P. (2020) ‘Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19’, Ikra-Ith Abdimas, 4(2), pp. 68–73. Available at: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH ABDIMAS/article/download/982/772.
Fadly, H. D. and Sutama (2020) ‘Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19’, Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Management, 5, pp. 213–222.
Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Keenam. Yogyakarta: BPFE.
Hasan, S. (2021) ‘Pengaruh Sosial Media dalam Peningkatan Pemasaran UMKM Kuliner selama Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus : UMKM Kuliner Kota Bangkinang , Provinsi Riau )’, Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi, 2(1), pp. 30–40. Available at: http://journal.al-matani.com/index.php/invest/article/view/121/
Husain, M. N. and Anggraini, D. (2020) ‘Kampanye Pemasaran Sosial Gemar Membaca Berbasis Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19’, Prosiding Nasional Covid-19, pp. 1–14. Available at: https://www.ojs.literacyinstitute.org/index.php/prosiding-covid19/article/view/39.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Priambada, Swasta. 2015. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2-3 November 2015. Pp. 41-46.
Suci, Yuli Rahmini. 2017. Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. Vol. 6, No. 1. Pp. 51-58
Zulkarnaen, Halim Oky. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Makanan Ringan. Pp. 1-114