PENDAMPINGAN STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA MASA PANDEMI DI DESA BLAHKIUH
Kata Kunci:
Dampak Covid-19, Promosi, PendampinganAbstrak
Pada awal tahun 2020 tepatnya pada bulan Maret Covid-19 muncul pertama kali di Indonesia dan masih mewabah sampai saat ini. Wabah ini telah berdampak pada segala sektor yang merugikan negara, terutama pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau sering disebut UMKM. Sejak mewabahnya pandemi covid-19 ini terjadi penurunan pendapatan jualan pelaku UMKM yang sangat signifikan. Terdapat beberapa UMKM yang terkena dampak covid-19 yaitu pariwisata, akomodasi, makanan dan minuman, pedagang eceran dan transportasi. Di Desa Blahkiuh sendiri yang paling terkena dampak covid-19 adalah UMKM di bidang makanan dan minuman karena mengalami penurunan omzet penjualan dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan mempertimbangkan kondisi dan situasi di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia khususnya di Bali, maka pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar disesuaikan sehingga mahasiswa dapat tetap berkontribusi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan pembangunan desa adat di Bali yang tangguh dalam menanggapi pandemi ini melalui Pengabdian kepada Masyarakat ini.
Referensi
Adrian. (2018, Juni). Jurnal Promosi Melalui Media Sosial. Jurnal D0211010.pdf (jurnalkommas.com)
Atmaja, NPCD., Sukerta. IM., Januarta IW. 2022. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Digital UKM Ukiran Bali di Desa Batubulan Kangin. Prosiding Seminar Regional. Hal. 618-625.
Kapan sebenarnya corona pertama kali masuk RI?. 24 Februari 2021. https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri
LPPM. 2021. Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat. Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Rahmatul. (2020, Juli). Jurnal Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/download/844/745/
Website Resmi Desa Blahkiuh. 1 Januari 2021. https://blahkiuh.badungkab.go.id/