MENINGKATKAN DAN MENGEMBANGKAN UMKM KARI FASHION DENGAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DAN E-COMMERCE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PEMECUTAN KELOD

Penulis

  • I Made Diarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Legawa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Gowinda Jaya Sapta Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, UMKM, Social Media, E-Commerce

Abstrak

COVID-19 mengakibatkan banyak pelaku usaha di Bali yang mengeluh karena terdampak terhadap pelaku umkm. Berdasarkan observasi yang dilakukan di Desa Pemecutan Kelod ditemukan terdapat penurunan pendapatan. Permasalahan yang terjadi pada mitra UMKM Kari Fashion yaitu Melemahnya penjualan yang mempengaruhi penurunan pendapatan selama masa pandemi COVID-19 diakibatkan karena berkurangnya wisatawan manca negara yang datang ke Bali. Belum memiliki akun social media dan ecommerce untuk memasarkan produk lebih luas. Mitra tidak paham cara menambahkan lokasi homestore pada google maps. Mitra tidak memiliki logo sebagai branding usahanya. Mitra tidak paham cara mendesain postingan yang menarik. Adapun tujuan kegiatan pengabdian masyarakat, yaitu untuk penanggulangan dampaksosial dan ekonomi akibat COVID-19. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan praktik. Hasil kegiatan ini dapat menjadikan mitra UMKM mampu memahami semua arahan yang telah diberikan dan mampu mempraktikkan apa yang telah dipelajari dari cara-cara promosikan produk dan pembuatan konten di media sosial dan e-commerce. Mampu memanfaatkan media sosial dan e-commerce yang telah dibuat kedepannya, untuk mempromosikan produk pakaiannya dan memperluas jaringan. Dapat menarik lebih banyak pembeli sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Pembeli akan mengetahui lokasi homestore dari UMKM Kari Fashion.

Referensi

Avriyanti, S. (2021). Strategi bertahan bisnis di tengah Pandemi covid-19 dengan memanfaatkan bisnis digital (studi pada ukm yang terdaftar pada dinas koperasi, usaha kecil dan menengah kabupaten tabalong). Jurnal pubbis, 5 (1), 60-74.

Covid19.go.id (2021, 28 Juli), Peta Persebaran Covid-19. Diakses pada 28 juli 2021, dari https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19

Laura Hardilawati, Wan. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 2020, 10.1: 89-98.

LPPM. (2021). Buku : Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat. LPPM: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Worldometers.info (2021, 29 Juli), Cases Reported around the world . Diakses pada 29 juli 2021, dari https://www.worldometers.info/coronavirus

Diterbitkan

2023-06-17