BRANDING DENGAN PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA MARKETING PADA UMKM ES SUSU JELLY WARUNG DADONG DI DESA SINGAPADU KALER
Kata Kunci:
Branding, Social Media Marketing, Penyuluhan, Covid-19, UMKMAbstrak
Virus covid-19 menimbulkan banyak permasalahan untuk berbagai sektor. Salah satunya pada sektor perekonomian, dimana pada UMKM terjadinya penurunan omset penjualan seperti yang dirasakan oleh UMKM Es Susu Jelly Warung Dadong. UMKM ini berlokasi di Desa Singapadu Kaler. Produk yang dijual pada UMKM ini seperti snack-snack ringan, mie rebus, kopi dan es susu jelly. Permasalahan dalam UMKM ini karena adanya penurunan penjualan dari produk es susu jelly karena mayoritas konsumen pada UMKM tersebut adalah siswa-siswa SMK yang saat ini harus di rumahkan dan melakukan pembelajaran melalui online. Program pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan yaitu memberikan edukasi mengenai pentingnya branding sebuah produk dengan cara pembuatan logo, pemilihan kemasan produk yang unik dan penambahan varian rasa produk yang menarik untuk konsumen. Memberikan edukasi dan pelatihan mengenai cara pembuatan akun media sosial facebook dan bagaimana cara memasarkan produk minuman tersebut pada media online. Memberikan edukasi mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tempat usaha sehingga konsumen yang berbelanja merasa aman dan nyaman. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini, untuk meningkatkan minat beli dan penjualan pada UMKM Es Susu Jelly Warung Dadong. Metode yang digunakan yaitu metode penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan ini yaitu pelaku UMKM mampu memahami tentang branding pada produknya untuk menarik minat konsumen dan sudah mampu memanfaatkan media sosial facebook sebagai media pemasaran online untuk mencari lebih banyak konsumen dan terjadinya peningkatan penjualan serta sudah mampu memahami pentingnya penerapan protokol kesehatan di sekitar tempat berjualan untuk kenyamanan konsumen berbelanja di masa pandemi covid-19.
Referensi
Covid19.go.id. 2021. Data Sebaran Covid-19 di Indonesia. https://covid19.go.id/, diakses pada 29 Juli 2021.
Merawati, L. K., Suryawathy, I. G. A., & Tamba, I. M. 2015. Ibm Untuk Kelompok Ternak Ikan Nila Mina Karya Dan IRT Mina Lestari Di Desa Selisihan, Kabupaten Klungkung. Jurnal Bakti Saraswati, 4(2), 74761.
Putra, I. D. P. G. W., & Aristana, M. D. W. 2020. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Dan Purchase Intention. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9, 1035-1044.
Rosita, R. 2020. Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120.
Salamah, N. H., Triwardhani, D., & Nastiti, H. 2021. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce Hijup. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 249-269.
Situmorang, S. H., Mulyono, H., & Berampu, L. T. 2018. Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing bagi Usaha Kecil. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 2(2), 77-84