PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI UTAMA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID 19
Kata Kunci:
Media Sosial, Pemasaran, Pandemi Covid-19Abstrak
Banyaknya prilaku masyarakat yang yang mengabaikan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di tempat umum mengakibatnya pandemic covid 19 masih berlangsung saat ini. Berbagai bisnis mengalami penurunan penjualan yang sangat signifikan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memeberdayakan masyarkat akibat dampak yang ditimbulkan oleh virus covid-19 terhadap perkembangan bisnis UMKM di Desa Carangsari, di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Permasalahan mitra di masyarakat yaitu kurangnya pengetahuan tentang media digital yang digunakan sebagai media promosi terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah Kue Bu Lilik. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini adalah penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Hasil pengabdian masyarakat yang telah terlaksana adalah tentang memberikan pemahaman dan keterampilan mengenai diferensiasi produk, pengemasan, dan pemanfaatan media sosial seperti intagram dan facebook sebagai media promosi utama dengan biaya terendah dalam pemasaran di masa pandemic covid 19 untuk mampu meningkatan penjualan dengan pasar yang lebih luas.
Referensi
Abdurrahman Firdaus. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2020, 2.1: 147-153.
Mushidah, M., & Muliawati, R. 2021. Pengetahuan dan Sikap dengan Kepatuhan Penggunaan Masker sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Pedagang UMKM. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 35-42.
Pasaribu, R. 2021. Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran UMKM Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1), 33-44.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17