UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL PADA KWT TUNJUNG MESARI DI DESA TIMPAG

Penulis

  • I Putu Bhagaskara Sunggu Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Deni Ariyaningsih Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, peningkatan penjualan, pemasaran digital, pembukuan digital

Abstrak

Semenjak adanya pandemi Covid-19, berbagai dampak yang dirasakan bukan hanya pada sektor kesehatan namun juga sektor ekonomi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Banjar Telaga Tunjung Kaja Desa Timpag dengan masyarakat sasaran yaitu pelaku usaha Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunjung Mesari. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan permasalahan yang dihadapi yaitu semenjak adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan pesanan dan pendapatan dari usaha ini. Pemasaran yang masih konvensional, kurangnya pemahaman dalam memasarkan produk berbasis digital, serta belum mampu melakukan pencatatan transaksi keuangan (pembukuan) yang baik menjadi kesulitan bagi KWT Tunjung Mesari untuk bangkit di masa pandemi ini. Program pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan yaitu pelatihan memasarkan produk melalui media sosial, membantu membuatkan logo usaha dan label kemasan, serta pelatihan mencatat pembukuan melalui platform digital “BukuKas”. Tujuan utama program pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan penjualan produk usaha. Metode yang digunakan yaitu metode pelatihan, desain dan diskusi. Target yang ingin dicapai dari program pengabdian kepada masyarakat ini yaitu pelaku usaha dapat memahami dan mengaplikasikan media sosial dengan baik dalam memasarkan produk, pelaku usaha memiliki logo usaha dan label kemasan untuk menarik lebih banyak konsumen, serta pelaku usaha dapat memahami dan mengaplikasikan platform digital “BukuKas” dengan baik dalam melakukan pencatatan pembukuan.

Referensi

Juaningsih, I. N. (2020). Analisis Kebijakan PHK Bagi Para Pekerja Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. 'ADALAH, 4(1).

Purwana, D., Rahmi., Aditya, S., & Zakaria, N. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1 (1).

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9 (2).

Sari, C.T., & Indriani, E. (2017). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok Umkm Kub Murakabi Desa Ngargoyoso. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat), 1 (1).

Sugiri, S., & Riyono, B.A. (2011). Akuntansi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4 (1).

Sumarni, T. (2020). Media Sosial dan e-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 6.

Suyati. (2020). Tata Kelola Keuangan Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10 (1), 1-12.

Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Brand Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Forum Keuangan dan Bisnis IV.

Diterbitkan

2023-06-17