UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN DAN OMZET PADA UMKM TOKO UMAH BATIK DENPASAR SELAMA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Margareta Satriana Nerdi Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Sri Rwa Jayantini Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pandemi Covid-19, pelatihan, promosi digital, media sosial

Abstrak

Pandemi covid-19 merupakan salah satu penyakit yang pertama kali muncul dari kota Wuhan China yang merupakan sejenis virus yang bisa mematikan. Beberapa aspek yang terkena dampak dari Pandemi Covid-19 ini seperti aspek kehidupan sosial maupun perekonomian dari masyarakat di Indonesia khususnya pada pelaku UMKM. Kita mengetahui bahwa UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan perekonomian suatu negara seperti perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Tetapi sejak hadirnya Pandemi Covid-19 ini membuat pelaku Usaha Kecil Masyarakat telah mengikis pendapatan harian mereka dan membuat tenaga kerja semakin berkurang. Berdasarkan hasil observasi yang sudah dilakukan,peserta pengabdian masyarakat menemukan beberapa pokok permasalahan yang telah dihadapi oleh pelaku usaha yang dapat menghambat proses perkembangan dan transaksi jual beli selama pandemi Covid-19. Dalam rangka upaya penanggulangan dari kasus tersebut,demikian kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan sebagai respon atas permasalahan yang sudah dialami oleh pelaku usaha Toko Umah Batik Desa Tonja Denpasar, sebagai mitra dampingan dari Universitas Mahasaraswati Denpasar. Proses yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini sangat berbeda dengan kegiatan yang dilakukan sebelumnya saat belum hadirnya kasus Pandemi Covid-19,oleh karena itu proses yang dilakukan yaitu dengan penyesuaian situasi maupun kondisi yang terjadi selama pandemi Covid-19 ini yakni tetap mengikuti program kesehatan. Kegiatan luring tidak dilakukan setiap hari. Beberapa program kegiatan yang dilakukan oleh peserta pengabdian dalam rangka untuk menghindari penularan virus Covid19,seperti promosi maupun pemasan barang melalui media cetak seperti brosur maupun melalui media sosial seperti facebook dan whatsapp yang sesuai dengan kebutuhan dari pelaku usaha. Terdapat beberapa tahapan yang akan dilaksanakan selama kegiatan pengabdian ini antara lain yaitu tentang sosialisai program kerja yang nanti dilaksanakan, kebutuhan promosi prodak selama pandemi, dan promosinyang akan dilakukan melalui media digital. Pendampingan terhadap cara pemasaran dan promosi lewat media sosial merupakan edukasi terhadap pelaku usaha dari Toko Umah Batik.

Referensi

Ambo Ase, R A. (2018) Strategi Pemasaran online ( Studi kasus pemasaran online marketing warung bakso Mas Cinfgkrank di Makasar). Jurnal Komunikasi KAREBA,Vol.7

Amijaya, S.Y.,Seliari, T., Oentoro, K (2020). Pengembangan Strategi Pemasaran dan Promosi produk UMKM di tengah Pandemi COVID-19. Proceeding Senadimas Undiksha diakses dari https://lppm.undiksha.ac.id/ senadimas2020/assets/ ProsidingSenadimas2020/file/47.pdf

Febrianti Puspitasari.(2020). Kebijakan Kemitraan UMKM dalam Mendorong Perekonomian Nasional di Era Pandemi COVID-19. STIKes Bakti Utama Pati. [Internet]. http//stikesbup.ac.id (diakses pada tanggal 13 November 2020)

Handayani, D,.Hadi,D.R..,Isbaniah, F.,Burhan,E dan Agustinus H. (2020). Corona virus Disease 2019. Jurnal respirologi Indonesia ,40(2) ,119-129.

Ida Nuraini & Dwi Susilowati, (2021). Pendampingan Pemasaran Online Pada Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2021, vol 5 No.1 http : // Peduli Wisnuwardana .ac.id / index.php / peduli index

Jati,Waluya ,Yuriansiah,(2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online ( Online Marketing Strategi ) Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Online Shop Azamm Store). Jurnal Pemasaran Kompetititf ,vol 1 nomor 1

Jayantini, I.G.A.S. R., Sulatra, I. K., Puspita Candra, K. D., & Deni Ariyaningsih, N. N. (2020). Pendampingan Masyarakat Desa Adat Putung Menanggulangi Dampak Sosial Pandemi COVID-19. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 92–98. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.228

Jesia (Jornal ekonomi & ekonomi sharyah ), 4 (1),662-669. https:/doi org /10.36778/jesya.v4i1.278

Maulidasari, C. D., & Damrus. (2020). Dampak Pemasaran Online Di Era Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2), 233–245.

Nalini,S.N.L.(2021) Dampak-Dampak COVID-19 terhadap Usaha Kecil dan Menengah.

Wren- Lewis,S. (2020)The Ekonomic effects of a Pandemic. In economic in the time of the covid-19. Social Europe.[Internet] https:/voxeu.org conten/economic-time-Covid-19. (diakses pada tanggal 10 Maret 2020)

World Health Organization, (2020b) Pesan dan Kegiatan Utama Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di sekolah. Unicef (vol.1) Retrived from Ibender @ unicef.org

Diterbitkan

2023-06-17